Ilmuwan Swiss Ciptakan Robot yang Dapat Dikendalikan oleh Pikiran

Riandanu Madi Utomo    •    Selasa, 01 Dec 2015 17:48 WIB
robot
Ilmuwan Swiss Ciptakan Robot yang Dapat Dikendalikan oleh Pikiran
Pengguna robot telepresence dapat kendalikan robotnya melalui pikiran (foto: The Next Web)

Metrotvnews.com: Penyandang cacat lumpuh nampaknya akan segera mendapatkan kebahagiaan baru. Baru-baru ini peneliti dari Swiss mengumumkan hasil riset terbaru mereka mengenai robot telepresence yang dapat dikendalikan dengan pikiran.

Dalam penelitian tersebut, para ilmuwan mengatakan, mereka telah berhasil menciptakan robot telepresence yang dapat merespon gelombang otak penggunanya.

Robot tersebut memang masih memiliki bentuk dan fungsi yang sederhana, yaitu hanya dilengkapi dengan roda untuk bergerak dan komputer untuk mengkalkulasikan berbagai prosesnya.

Yang menjadi perhatian adalah tingkat transmisi gelombang otak yang dapat diproses oleh robot tersebut, mampu bergerak sesuai dengan perintah penggunanya melalui pikiran.



Pengguna hanya perlu mengenakan helm khusus untuk mentransmisikan gelombang otaknya, kemudian menggerakkan robot tersebut. Selanjutnya adalah memerintahkan robot dalam pikiran untuk bergerak. Menurut The Next Web, respon yang diterima dan diproses oleh robot terlihat sangat responsif. Robot pun dapat digerakkan sesuai dengan keinginan pengendalinya.

Teknologi robot telepresence ini diharapkan dapat membantu kehidupan para penyandang cacat lumpuh, seperti mereka yang mengalami stroke ataupun gangguan pada sistem syarafnya.


(MMI)