UNIC Anggarkan Belanja Modal USD5 Juta Bangun Dermaga

Dian Ihsan Siregar    •    Selasa, 01 Dec 2015 17:42 WIB
unggul indah cahaya
UNIC Anggarkan Belanja Modal USD5 Juta Bangun Dermaga
Ilustrasi (MI/ROMMY PUJIANTO)

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Unggul Indah Cahaya Tbk (UNIC) berencana mengalokasikan dana belanja modal atau capital expendicture (capex) sebesar USD4 juta sampai dengan USD5 juta di 2016. Nantinya, dana itu akan digunakan untuk membangun dermaga guna mengurangi ongkos logistik.

Corporate Secretary UNIC Lily Setiadi menjelaskan, dana belanja modal sebesar USD4 juta sampai dengan USD5 juta di tahun depan akan didapatkan dari pinjaman sindikasi Bank of Tokyo Mitsubishi yang porsinya mencapai angka 100 persen.

"Dana belanja modal sebesar 100 persen akan kami dapatkan dari pinjaman sindikasi Bank of Tokyo Mitsubishi," ucap Lily, ditemui di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Selasa (1/12/2015).

Ia menjelaskan, dermaga yang akan dibangun nantinya memiliki kapasitas mencapai 50 ribu ton. Letak dermaga akan berada di pabrik milik perseroan di Merak, Banten. Direncanakan pembangunan dermaga ini dilakukan di kuartal II-2016.  

Sementara untuk waktu pembangunannya, ia menambahkan, akan berlangsung selama kurun waktu 6-9 bulan. "Kalau itu mulai harusnya pembangunan. Pembangunan memakan waktu 6-9 bulan," sebut dia.

Lebih lanjut, ia mengatakan, pembangunan dermaga ini memikiki tujuan untuk mengurangi jumlah kerugian yang dialami perseroan di tahun ini. Sepanjang sembilan bulan pertama 2015 ini, perseroan mengalami kerugian sebesar USD3,83 juta. 

"Kuartal ini masih rugi diakibatkan adanya fluktuasi rupiah, karena sejak Juli tahun ini ada peraturan pemerintah yang mengatakan penjualan dalam negeri harus gunakan rupiah," tukasnya.


(ABD)