Dalam Sebulan Panti Pijat Habiskan 4 Ribu Kondom

Amaluddin    •    Selasa, 01 Dec 2015 18:30 WIB
aids
Dalam Sebulan Panti Pijat Habiskan 4 Ribu Kondom
Aktivis membagikan kondom dan selebaran berisi informasi dan tata cara pencegahan HIV/AIDS di Terminal Gayatri, Tulungagung, Jawa Timur, Selasa (1/12). Foto: Antara/Destyan Sujarwoko

Metrotvnews.com, Surabaya: Panti pijat di Surabaya, Jawa Timur, menjadi salah satu lokasi yang mendapatkan jatah terbanyak pemberian kondom gratis dari Yayasan Our Right To Be Independent (Orbit). 

"Sedikitnya ada 10 panti pijat yang kami dampingi," kata Petugas Lapanngan Yayasan ORBIT, Adi Purnomo, dihubungi, Selasa (1/12/2015).

Menurut Adi, pendampingan itu dilakukan untuk menekan penularan HIV/AIDS. Upaya pendampingan tersebut dengan menyediakan kondom bagi pengunjung yang datang ke panti pijat untuk digunakannya. "Orbit mengirimkan 1 dus besar kondom ke 10 panti pijat yang kami dampingi," katanya.

Rinciannya, satu dus besar itu berisi 30 pak kondom. Masing-masing pak berisi 144 buah kondom. Menurut Adi, dalam sebulan biasanya satu panti pijat bisa menghabiskan satu dus besar atau sebanyak 4.320 buah kondom. "Saya tak menghitung jumlahnya, yang jelas kalau habis, mami yang dipanti pijat telepon kami. Kemudian langsung kami kirim," terangnya.

Adi tidak menyebut 10 Panti Pijat yang didampingi Yayasan Orbit. Namun, kata dia, penggunaan kondom adalah salah satu cara yang efektif untuk mencegah penularan HIV/AIDS. "Selain panti pijat, ada juga tempat hiburan yang juga kita berikan gratis kondom," kata dia.


(UWA)