Induk Saham Manchester City Mendapat Suntikan Dana dari Tiongkok

Kautsar Halim    •    Selasa, 01 Dec 2015 18:31 WIB
liga inggrismanchester city 2015--2016
Induk Saham Manchester City Mendapat Suntikan Dana dari Tiongkok
(kiri-kanan) Perdana Menteri Inggris David Cameron, Presiden Tiongkok, Xi Jinping dan ketua City Football Group Khaldoon Al Mubarak. (Joe Giddens/Pool Photo via AP)

Metrotvnews.com, Manchester: Pemegang saham terbesar Machester City, City Football Group (CFG) berhasil menambah mitra baru. Mereka telah resmi mengumumkan mendapat suntikan investasi sebesar 265 juta poundsterling (sekitar Rp5,5 triliun) dari China Media Capital (CMC).

Menurut Sportmole, kesepakatan CFG dengan CMC  memiliki durasi selama enam bulan. CFG disebutkan setuju membelah sahamnya untuk CMS sebesar 13 persen dalam jangka waktu tersebut.

Menurut Pimpinan CFG, Khaldoon Al Mubarak, kesepakatan itu bisa terjadi karena CMC merasa sepak bola merupakan olahraga yang paling digandrungi masyarakat Tiongkok. Kecintaan masyarakat Tiongkok terhadap sepak bola dinilainya sangat unik karena meningkat dengan cepat.

"Kami telah bekerja keras untuk menemukan mitra yang tepat untuk memanfaatkan potensi luar biasa yang ada di Tiongkok. Hal itu bakal berguna bagi CFG dan kancah sepak bola pada umumnya," papar Al Mubarak

CMC merupakan sebuah perusahaan penanaman modal di Tiongkok. Firma tersebut bergerak dalam bidang budaya, tekhnologi, media, hiburan, pangan, medis, dan telekomunikasi. CMC berdiri pada 2009 dan memiliki kantor pusat di Shanghai. (sportmole)

 


(HIL)