Mendag Apresiasi Peran Bulog Stabilisasi Beras

Gervin Nathaniel Purba    •    Selasa, 01 Dec 2015 18:34 WIB
kementan ads
Mendag Apresiasi Peran Bulog Stabilisasi Beras
Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman. MTVN/Gervin N.

Metrotvnews.com, Bogor: Menteri Perdagangan (Mendag) Thomas Lembong menginstruksikan kepada Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) untuk melakukan operasi pasar beras di Pulau Jawa dan luar Pulau Jawa.

Perum Bulog melakukan operasi pasar dengan menjual beras di gudang Bulog seharga Rp7.500 per kilogram (kg) di Pulau Jawa dan Rp7.600 per kg di luar Pulau Jawa. Upaya ini dilakukan pemerintah untuk menstabilkan harga bahan pangan pokok itu.

Menanggapi hal ini, Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman menilai instruksi yang diberikan oleh Mendag kepada Bulog sudah tepat. Menurutnya, upaya untuk menstabilkan harga beras tidak harus mengandalkan Toko Tani Indonesia (TTI) melainkan harus melibatkan semua pihak-pihak terkait.

"Sudah benar kok, semua harus digerakkan untuk menekan harga (beras) turun," ujar Amran saat ditemui di  Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Cimanggu, Bogor, Selasa (1/12/2015).

Menurutnya, jumlah TTI yang ada saat ini masih belum mencapai target yang ditetapkan sebanyak 1.000 TTI yang nantinya akan tersebar di seluruh Indonesia. Untuk itu, upaya Bulog melakukan operasi pasar di daerah yang mengalami lonjakan harga masih diperlukan.

"Saat ini TTI baru sekitar 40-an kalau tidak salah dari jumlah targetnya 1.000," jelasnya.


(SAW)