Kasus Novanto Disidang Besok

Githa Farahdina    •    Selasa, 01 Dec 2015 18:48 WIB
pencatut nama presiden
Kasus Novanto Disidang Besok
Setya Novanto. (Foto:Antara/Akbar Gumay)

Metrotvnews.com, Jakarta: Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) akan menggelar sidang kasus pencatutan nama Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla yang melibatkan Ketua DPR Setya Novanto. Sidang bakal digelar Rabu 2 Desember, pukul 13.00 WIB.
 
"Persidangan mengundang pengadu, saudara Sudirman Said, di ruang MKD," kata Ketua MKD Surahman di ruang sidang MKD, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/12/2015).
 
Sidang kedua akan mengundang saksi, yakni Maroef Sjamsoeddin dan M. Reza Chalid. Sidang dilaksanakan Kamis 3 Desember pukul 13.00 WIB.
 
Jadwal sidang yang diketok baru sampai Kamis. Pemanggilan teradu, Setya Novanto, yang awalnya dijadwalkan Senin 7 Desember tak jadi dilaksanakan karena MKD harus melihat perkembangan sidang pertama dan kedua.

Sebelum keputusan diambil, MKD melakukan voting dengan dua opsi.
 
Alternatif I:
 
A. Melanjutkan persidangan dengan pengesahan jadwal persidangan
B. Menuntaskan verifikasi
 
Alternatif II:

A. Tidak melanjutkan sidang karena tidak cukup verifikasi dan alat bukti
B. Melanjutkan dengan verifikasi
 
Tahap pertama, anggota MKD memilih alternatif I atau II. Pada tahapan ini, 11 anggota memilih alternatif I. Beberapa di antaranya anggota yang berasal dari Fraksi NasDem, Fraksi PDI Perjuangan, Fraksi Partai Hanura dan Fraksi PKS. Sisa enam anggota memilih alternatif II.
 
Tahap kedua, alternatif I yang dominan dipilih kemudian disederhanakan pada poin A dan B. Poin A, yakni melanjutkan persidangan dengan pengesahan jadwal persidangan dipilih 9 anggota. Poin B dipilih 8 anggota.
 
Surahman mengaku senang akhirnya MKD bisa memutuskan kelanjutan kasus ini.


(FZN)