Hasil Kajian Blok Masela Diputuskan Akhir Tahun Ini

Annisa ayu artanti    •    Selasa, 01 Dec 2015 19:00 WIB
blok masela
Hasil Kajian Blok Masela Diputuskan Akhir Tahun Ini
Menteri ESDM Sudirman Said. FOTO: ANTARA/Zabur Karuru

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah dalam hal ini Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) optimistis pengelolaan Blok Masela akan diputuskan akhir 2015.

Menteri ESDM Sudirman Said menargetkan, konsultan independen yang ditugasi untuk mengkaji fasilitas Blok Masela dapat menyampaikan hasil kajiannya sebelum akhir 2015.

"Sekarang sedang bekerja, mereka berjanji sebelum minggu keempat Desember sudah ada hasilnya. Insya Allah sebelum akhir 2015 sudah kita putuskan," kata Sudirman, dalam rapat kerja dengan Komisi VII DPR-RI, di Komplek Parlementer, Senayan, Jakarta, Selasa (1/12/2015).

Sudirman menjelaskan, karena adanya perubahan asumsi makro, harga minyak, dan sebagainya, maka sampai saat ini konsultan tesebut masih mengkajinya. Pemerintah pun akan menunggu hasil dari kajian konsultan tersebut.

Sebelumnya, bersama SKK Migas dan Ditjen Migas telah memilih konsultan Potten and Partner untuk mengkaji mana yang lebih baik dan efisien membangun fasilitas onshore atau offshore.

Mengenai rekomendasi FLNG, Kepala SKK Migas, Amien Sunaryadi pernah menyampaikan kepada Menteri ESDM, Sudirman Said. Amien mengatakan menurut aspek ekonomi, pembangunan fasilitas pengembangan Blok Masela melalui onshore akan merogoh USD19,3 miliar.

Kemudian untuk pembangunan fasilitas offshore sebesar USD14,8 miliar. Oleh karena itu, Amien merekomendasikan pembangunan fasilitas Blok Masela melalui Floating LNG atau offshore.


(AHL)