Bupati Pangandaran Ingin Unpad Segera Berdiri di Daerahnya

Jaenal Mutakin    •    Selasa, 01 Dec 2015 20:56 WIB
pendidikan
Bupati Pangandaran Ingin Unpad Segera Berdiri di Daerahnya
Ilustrasi/Dreamstime

Metrotvnews.com, Bandung: Rencana Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan membuka cabang tiga perguruan tinggi negeri disambut penjabat Bupati Pangandaran, Daud Ahmad. 

Daud mengatakan wilayahnya punya potensi besar dalam menarik mahasiswa, terutama di wilayah Ciamis, Pangandaran, Banjar, Kuningan, dan Tasikmalaya. 

"Selama ini mereka kuliah di Unsil (Universitas Siliwangi) Tasikmalaya, Unsoed (Universitas Jenderal Soedirman) Purwokerto, Unigal (Universitas Galuh) Ciamis, dan sejumlah universitas di Bandung. Kalau ada di Pangandaran, ini membuat mobilitas terpusat dan indeks pembangunan manusia Pangandaran dan sekitarnya akan naik," kata dia.

Namun, Daud mengatakan Pemkab Pangandaran belum memiliki lahan untuk kawasan kampus yang minimal harus menyediakan 20 hektare. Akan tetapi, karena lahan pemerintah pusat masih luas di kabupaten tersebut, maka potensi itu masih terbuka luas. 

"Kami sangat senang jika bisa terealisasi, terutama untuk jurusan agrobisnis, maritim dan pertanian," katanya.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan berencana membangun empat perguruan tinggi negeri di sejumlah daerah yang merupakan perpanjangan dari tiga universitas negeri, yakni Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Padjadjaran (Unpad), dan Institut Pertanian Bogor (IPB).



(UWA)