Picu Semangat Peneliti, Mentan Beri Royalti kepada Peneliti

Gervin Nathaniel Purba    •    Selasa, 01 Dec 2015 22:59 WIB
kementan ads
Picu Semangat Peneliti, Mentan Beri Royalti kepada Peneliti
Menteri Pertanian Amran Sulaiman (kedua kanan) ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay.

Metrotvnews.com, Bogor: Kementerian Pertanian berencana akan membuat regulasi pemberian royalti kepada para peneliti. Peran peneliti patut dihargai dalam melakukan sejumlah terobosan dalam bidang pertanian.

"Akan saya buat regulasi untuk memberi royalti kepada peneliti. Tanpa mereka terobosan berupa penemuan bibit unggul tidak dapat dilakukan," ujar Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman saat ditemui Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Cimanggu, Bogor, Selasa (1/12/2015).

Menurut Amran, dengan diberikannya royalti kepada para peniliti, diyakini akan memicu para peneliti agar mampu menumbuhkan produk pertanian berkualitas dan meningkatkan hasil produk pertanian.

Peran peneliti kedepannya akan sangat memberikan dampak khususnya pada teknologi pertanian. Sebab kemajuan pertanian Indonesia ke depan ada pada kemajuan riset selain pembangunan infrastruktur irigasi sehingga perlu adanya pemberian penghargaan kepada peneliti dalam bentuk royalti.

Untuk saat ini, jumlah peneliti di Indonesia memang sangat banyak. Namun masih banyak peneliti di Indonesia yang belum banyak yang bisa menghasilkan untuk kemajuan pertanian secara signifikan.

"Makanya kita kasih royalti agar mereka (peneliti) tetap semangat meneliti. Sehingga para peneliti benar-benar melakukan penelitiannya, nantinya ada hasilnyaa bagi pertanian," pungkasnya.


(SAW)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

5 days Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA