On This Day: Fabregas Cetak Gol Perdana untuk Arsenal dan Cetak Rekor

Achmad Firdaus    •    Rabu, 02 Dec 2015 07:09 WIB
pada hari ini
<i>On This Day:</i> Fabregas Cetak Gol Perdana untuk Arsenal dan Cetak Rekor
Selebrasi Fabregas usai mencetak gol perdananya untuk Arsenal (Foto: Goonerhead)

Metrotvnews.com, Jakarta: Cesc Fabregas memulai kariernya bersama Arsenal dengan cukup baik. Dia hanya butuh dua pertandingan untuk mencetak gol perdananya.

Pada 2 Desember 2003 atau hari ini, 12 tahun yang lalu, Fabregas dipercaya tampil saat Arsenal berhadapan dengan Wolverhampton di ajang Piala Liga Inggris.

Kesempatan ini tidak disia-siakan Fabregas yang menandainya dengan sebuah gol di penghujung laga untuk membantu The Gunners menang telak 5-1.

Di hadapan 28 ribu lebih pentonton yang hadir di Highbury, Cesc menyandingkan namanya dengan beberapa pemain senior Arsenal seperti Jeremie Aliadiere (24', 71'), Nwanko Kanu (68'), dan Sylvain Wiltord (79') yang mencetak gol di laga ini. 


Gol perdana yang dicetaknya ini sontak membuatnya mencatatkan rekor sebagai pemain termuda yang mencetak gol untuk tim utama Arsenal. Saat itu, usia Fabregas baru 16 tahun 212 hari.

Pertandingan kontra Wolves merupakan penampilannya yang kedua di tim utama Arsenal. Sebelumnya, ia melakoni debut pada laga kontra Rotherham United di ajang Piala Liga, dan membuatnya mencatatkan rekor sebagai pemain termuda yang tampil di tim utama Arsenal.

Itu merupakan satu-satunya gol yang dicetak Fabregas dari tiga laga yang dimainkannya di musim tersebut. Sejak saat itu, Fabregas kerap dimainkan sebagai starter hingga akhirnya dipercaya sebagai kapten oleh pelatih Arsene Wenger pada November 2008.

Selama delapan tahun mengabdi untuk Arsenal, Fabregas mencetak 57 gol dari 303 laga dan membantu Arsenal merebut gelar Piala FA (2004--2005), dan Community Shield (2004).

Pada 2011, Fabregas memutuskan kembali ke klub tempatnya menimba ilmu, Barcelona dan menghabiskan tiga musim, sebelum akhirnya kembali ke Inggris pada 2014, namun justru bergabung dengan klub rival Arsenal, Chelsea hingga saat ini.


(ACF)