Ken Dwijugiasteadi, Nakhoda Sementara di Ditjen Pajak

Angga Bratadharma    •    Rabu, 02 Dec 2015 08:04 WIB
pajak
Ken Dwijugiasteadi, Nakhoda Sementara di Ditjen Pajak
Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) DJP JawaTimur I Ken Dwijugiasteady (kanan) ditunjuk menjadi Plt Dirjen Pajak. (FOTO ANTARA/Bhakti Pundhowo)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menjelang akhir 2015, tiba-tiba terdengar kabar mengejutkan yang datang dari Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Bak petir menyambar di siang bolong, Direktur Jenderal Pajak Kemenkeu Sigit Priadi Pramudito secara mendadak menyatakan mengundurkan diri dari jabatannya.

Alasan mengundurkan diri dari orang nomor satu di DJP Kemenkeu adalah karena dirinya tidak mampu mencapai target penerimaan pajak. "Pengunduran diri ini karena kegagalan saya mencapai target penerimaan pajak di atas 85 persen," jelas Sigit, dalam pesan singkatnya, yang diterima Metrotvnews.com.

Tentu menjadi pertanyaan besar mengapa seorang Sigit harus mengundurkan diri cuma karena tidak mampu mencapai target. Sebab, berbagai macam kebijakan di bidang pajak telah dikeluarkan dan tentunya dampaknya baru akan terasa di tahun depan.

Namun, keputusan Sigit sudah bulat tampaknya. Akhirnya, Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro memutuskan untuk mencari orang untuk menjadi nakhoda baru dari DJP Kemenkeu. "Tadi sudah dilantik Pak Ken (Ken Dwijugiastadi) sebagai pelaksana tugas (Plt)," kata Bambang.

Lalu siapa Ken Dwijugiasteadi? Pria ini bukan orang asing di lingkungan Kemenkeu. Pria kelahiran Malang pada 8 November 1957 tersebut menempuh pendidikan Sarjana Ekonomi di Universitas Brawijaya. Gelarnya diraih pada 1983. Setelah itu, dirinya melanjutkan pendidikan Master of Science in Tax Auditing di Opleidings Institute Financien, Den Haag, Belanda dan mendapatkan gelarnya pada 1991.

Ken mengawali karir Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebagai pelaksana di Kemenkeu pada 1993 di Sekretariat Direktorat Jenderal Pajak, Direktorat Jenderal Pajak. Ia juga pernah menjabat sebagai Kepala Sub Bagian Kepegawaian pada 1989, dan sebagai Kepala Seksi Wajib Perseorangan pada 1992.

Setelah itu, di 1997 Ken dipromosikan menjadi Kepala Kantor Pemeriksaan dan Penyidikan Pajak Pekanbaru. Lalu di 2000 menjadi Kepala Kantor Pelayanan Pajak Bojonegoro, di 2008 menjadi Kepala Kantor Pelayanan Pajak badan dan Orang Asing Satu.

Tidak hanya itu, di 1 September 2003 Ken dipromosikan menjadi Direktur Informasi Perpajakan, di 2006 menjadi Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Kalimantan Timur, pada 8 November 2013 menjadi Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak, dan pada 1 Juli 2015 beliau dipercaya menjabat sebagai Staf Ahli Menteri Keuangan bidang Peraturan dan Penegakan Hukum Pajak.


(AHL)