BlackBerry Mundur dari Pasar Pakistan

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Rabu, 02 Dec 2015 09:00 WIB
blackberry
BlackBerry Mundur dari Pasar Pakistan
BlackBerry akhirnya memutuskan untuk mundur dari Pakistan. (REUTERS / Mark Blinch)

Metrotvnews.com: Pakistan merupakan salah satu negara yang penting untuk BlackBerry. Meskipun begitu, BlackBerry telah mengumumkan secara resmi bahwa mereka akan keluar dari pasar Pakistan.

Alasan BlackBerry adalah karena mereka menolak untuk menuruti permintaan pemerintah Pakistan yang meminta BlackBerry untuk memberikan akses pada data yang terenkripsi.

BlackBerry adalah sebuah perusahaan yang bangga akan fitur keamanan yang mereka berikan. Seperti yang dilaporkan oleh Android Authority, CEO BlackBerry, John Chen, bahkan menyebutkan bahwa nama smartphone terbaru mereka, BlackBerry Priv, diambil dari kata "Privacy".

Mengenai hal ini, BlackBerry dengan tegas menyatakan bahwa mereka tidak akan mengorbankan privasi dari para penggunanya. Hal ini membuat pemerintah Pakistan marah.

Ketika BlackBerry menolak permintaan pemerintah untuk memberikan akses ke data dari layanan yang terenkripsi, Pakistan Telecommunications Authority akhirnya memerintahkan operator lokal untuk memblokir Enterprise Service dari BlackBerry mulai akhir tahun 2015.

Alasan pemerintah Pakistan adalah demi keamanan. Pemerintah Pakistan lalu memberikan peringatan terakhir yang menyebutkan, mereka akan mencabut keputusan mereka jika BlackBerry memberikan akses pada email dan pesan BBM yang dikirimkan melalui Enterprise.

Pada akhirnya, keputusan BlackBerry untuk mundur ini hanya berakhir pada kekecewaan masyarakat Pakistan. BlackBerry menyebutkan, mereka tidak keberatan untuk memberikan akses pada data yang terenkripsi untuk kepentingan penyelidikan, tetapi apa yang diminta oleh pemerintah Pakistan bukanlah sesuatu yang BlackBerry ingin berikan.


(MMI)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

1 week Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA