Teknologi Otomotif

Si Komo, Mobil Derek Unik Milik Jasa Marga

M. Bagus Rachmanto    •    Rabu, 02 Dec 2015 12:14 WIB
teknologi otomotif
Si Komo, Mobil Derek Unik Milik Jasa Marga
Si KOMO solusi macet di Tol. MTVN/M. Bagus Rachmanto

Metrotvnews.com, Bekasi: PT Jasa Marga (Persero) terus berupaya meningkatkan pelayanannya, dengan memperlancar arus kendaraan di jalan tol. Salah satunya penanganan kecelakaan kendaraan besar dan bermuatan berat, seperti truk pasir, batu kapur ataupun kontainer.

Untuk mengangani kecelakaan kendaraan berat, Jasa Marga punya kendaraan khusus yang didatangkan langsung dari Jerman dan diberi nama Komo.

Menurut Welly Jasrian, Kepala Shift Cabang Jakarta-Cikampek, penamaan Komo ini agar mudah diingat. Juga terinspirasi dari lagu Si Komo yang suka bikin macet kalau lewat.

Namun Komo yang dimiliki Jasa Marga ini berbeda, lantaran Ia justru datang sebagai solusi mengatasi kemacetan yang disebabkan kecelakaan kendaraan berat.

Komo berbekal mesin diesel 15.000 cc dengan transmisi yang bisa disetel secara otomatis dan manual. Dilengkapi crane, alat pemadam kebakaran, kompresor angin, genset, boom, dan alat untuk mengevakuasi korban.

Menariknya truk yang punya mesin raksasa ini bisa menyedot bahan bakar hingga 1:1. Kendaraan yang memiliki panjang 12 meter dan lebar empat meter ini mampu mengangkat kendaraan berat hingga 30 ton, bahkan mampu menarik kendaraan seberat 100 ton di jalan datar.

Jaya Ruhaya, petugas Resque sekaligus Operator Alat Berat mengatakan, untuk mengoperasikan truk multiguna ini dibutuhkan keahlian khusus, bahkan dirinya harus menjalani pendidikan selam empat bulan di kantor pusat hingga untuk mendapatkan sertifikat mengoperasikan truk ini.

Jaya yang telah bertugas selama empat tahun di Rescue juga menjelaskan, prosedur penggunaan Komo setelah mendapat perintah dari Kepala Shift yang berkordinasi dengan Patroli Jasa Marga dan PJR, melalui sentral komunikasi (senkom).

Setelah mendapat persetujuan, Tim Rescue yang beranggotakan tiga orang siap meluncur ke tempat kejadian untuk mengevakuasi atau membersihkan kendaraan yang mengganggu jalur.


(UDA)