Direktur Freeport Siap Jelaskan soal Pertemuannya dengan Novanto

Tri Kurniawan    •    Rabu, 02 Dec 2015 10:14 WIB
pencatut nama presiden
Direktur Freeport Siap Jelaskan soal Pertemuannya dengan Novanto
Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Maroef Sjamsuddin di kawasan Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Kamis 22 Januari 2015. MI/Immanuel Antonius

Metrotvnews.com, Mimika: Direktur Utama PT Freeport Indonesia Maroef Sjamsoeddin siap memberikan penjelasan di Mahkamah Kehormatan Dewan soal pertemuannya dengan Ketua DPR Setya Novanto dan pengusaha M. Riza Chalid.

"Integritas saya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia tidak akan pernah luntur. Apabila saya diminta untuk memberi penjelasan, saya siap," kata Maroef di Tembagapura, Mimika, Papua, Rabu (2/12/2015).

Pensiunan TNI Angkatan Udara itu menegaskan di era yang sudah sangat terbuka tidak ada lagi yang bisa ditutup-tutupi, apalagi untuk kepentingan negara dan bangsa. Ia menolak membuka substansi pembicaraannya dengan Novanto dan Riza.

"Soal substansi, saya tidak boleh membuka karena sudah masuk dalam arena yang akan dibahas oleh MKD," ujar dia.

MKD akhirnya memutuskan melanjutkan kasus pencatutan nama Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla diduga oleh Novanto ke persidangan. Hasil voting anggota MKD lebih banyak yang setuju kasus tersebut dilanjutkan ke persidangan.

Adalah Menteri ESDM Sudirman Said yang melaporkan dugaan pencatutan nama Presiden dan Wapres ke MKD pada 16 November terkait meminta saham Freeport Indonesia. Sudirman menyertakan transkrip pembicaraan sebagai bukti.

Pada 18 November, Staf Khusus Menteri ESDM Said Didu menyerahkan bukti berupa rekaman pembicaraan diduga Novanto dengan Riza dan Maroef, untuk memperkuat bukti transkrip.

Menurut Sudirman, Novanto tiga kali menemui Maroef. Terakhir pada 8 Juni. Pada pertemuan terakhir, kata dia, sudah menjurus ke meminta sesuatu. Novanto mengakui pertemuan itu. Namun, ia membantah meminta saham dan mencatut nama Presiden dan Wapres.

Hari ini, MKD dijadwalkan memeriksa Sudirman sebagai pelapor. Sementara Maroef dan Riza dijadwalkan memberikan keterangan pada Kamis 3 Desember. (Antara)


(TRK)

Pengamanan Setnov di RSCM Berkurang

Pengamanan Setnov di RSCM Berkurang

56 minutes Ago

Ketua DPR Setya Novanto masih menjalani perawatan intensif di RSCM, Jakarta Pusat. Pengamanan d…

BERITA LAINNYA