Pembangunan Sesuai Tata Kota, Harga Rumah Jadi Murah

Husen Miftahudin    •    Rabu, 02 Dec 2015 10:52 WIB
rei
Pembangunan Sesuai Tata Kota, Harga Rumah Jadi Murah
Wapres Jusuf Kalla saat membuka rakernas REI. (FOTO: MTVN/Husen Miftahudin)

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) pagi ini membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Real Estat Indonesia (REI) XVI.

Selain JK, hadir pula Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Ferry Mursyidan Baldan, Direktur Utama Bank Tabungan Negara (BTN) Maryono, dan Ketua Umum DPP REI Eddy Husi.

Dalam sambutannya, JK menekankan pentingnya perumahan sebagai indikator pertumbuhan perekonomian bangsa. Namun demikian, pertumbuhan perumahan harus pula diimbangi dengan rencana tata kota agar tidak menimbulkan masalah sosial.

"Pembangunan perumahan itu kesatuan kita semua juga yang paling penting memenuhi aspek kebaikan. Dalam pembangunan itu dibutuhkan perencanaan yang baik, sanitasi yang baik. Karena kelemahan kita itu sanitasi, baru beberapa jam hujan, langsung banjir," ujar JK, dalam Rakernas REI XVI, di Hotel Ritz Carlton Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (2/12/2015).

Kondisi tersebut, aku JK, justru membuat harga perumahan menjadi lebih murah. Oleh karena itu, ia meminta kepada para pengusaha yang tergabung dalam REI untuk membantu pemerintah merencanakan pembangunan perumahan yang sesuai dengan tata kota.

"Jangan pula satu tinggi satu rendah. Hal-hal itu akan membahayakan tata kota yang baik. Harus punya ketaatan. Pemerintah juga harus punya perencanaan yang baik sehingga tercipta tata kota yang baik," tegas JK.


(AHL)