Dubes Australia Bahas Pembukaan Konjen Makassar di Warung Kopi

Andi Aisyah Lamboge    •    Rabu, 02 Dec 2015 10:53 WIB
dubes
Dubes Australia Bahas Pembukaan Konjen Makassar di Warung Kopi
Dubes Australia untuk Indonesia Paul Cirigson dan Wali Kota Makassar Muhammad Ramdhan Danny Pomanto di warung kopi Daeng Anas, Rabu (2/12/2015). (Metrotvnews.com/Andi Aisyah Lamboge)

Metrotvnews.com, Makassar: Ada pemandangan tak biasa di sudut Jalan Pelita Raya Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu pagi 2 Desember. Puluhan petugas pengamanan khusus dan sebuah mobil berbendera Australia terparkir.

Tepatnya di warung kopi (Warkop) Daeng Anas. Duta Besar Australia untuk Indonesia Paul Cirigson melakukan pertemuan dengan Wali Kota Makassar Muhammad Ramdhan Danny Pomanto.

"Kami akan membuka Kantor Konsulat Jenderal Australia di Makassar. Rencananya tahun 2016. Kantor Konjen Makassar adalah yang kedua setelah di Bali. Itupun sudah lama di sana," jelas Paul.

Sambil menyeruput kopi hitam di cangkirnya, Paul mengatakan pihaknya ingin memperkuat kerja sama bidang pertanian. Menurutnya, Makassar sebagai Ibu Kota Sulsel adalah kota dengan potensi luar biasa.

"Kota Makassar punya infrastruktur dan potensi ekonomi yang sangat besar. Pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi. Warganya sangat ramah. Kantor Konjen Australia akan menjembatani kerja sama ekonomi pendidikan dan budaya lebih erat lagi di masa datang," tutur Paul.

Saat ditanya mengapa memilih pertemuan di warung kopi, sambil tersenyum Paul menjawab jika dia sangat suka kopi. Menurut dia tak ada salahnya membahas hal penting di warung kopi.

"Saya suka Makassar. Kopinya luar biasa enak. Mirip kota saya di Australia, Brisbane. Punya pantai yang indah. Saya lebih suka bertemu langsung di luar daripada hanya di kantor. Saya suka makan Coto Makassar dengan jeroannya," ucap Paul.

Ditemani Wali Kota Danny Pomanto dan pemilik Warkop Deng Anas, Paul lalu meracik kopi di dapur warkop. Segelas kopi susu menjadi hasil racikan itu. Paul pun menyeruputnya dengan nikmat.

Kunjungan Paul dilanjutkan ke Masjid "Terapung" Amirul Mukminin di Pantai Losari. Lalu ditutup kunjungan ke pusat oleh-oleh Somba Opu dengan fasilitas Lorong Gardennya.

"Kantor Konjen Australia akan ada di Wisma Kalla. Mudah-mudahan semua rencana kerja sama dapat terlaksana dengan baik," tutup Wali Kota Danny Pomanto.


(SAN)