Obama Yakin Manusia Mampu Atasi Perubahan Iklim

Willy Haryono    •    Rabu, 02 Dec 2015 11:06 WIB
cop21
Obama Yakin Manusia Mampu Atasi Perubahan Iklim
Presiden AS Barack Obama dalam konferensi pers OECD di Paris, Prancis, Selasa (1/12/2015). (Foto: AFP/MARTIN BUREAU)

Metrotvnews.com, Paris: Presiden Amerika Serikat Barack Obama mengingatkan bahwa pemanasan global mengancam sektor keamanan dan ekonomi dunia. 

Berbicara usai menghadiri KTT Perubahan Iklim COP21 bersama 150 kepala negara lainnya di Prancis, Obama yakin umat manusia akan membuat keputusan sulit untuk mencegah meningkatnya temperatur Bumi.

Obama, presiden dari negara kedua penyumbang emisi karbon terbesar di dunia, juga mengingatkan akan adanya bencana besar jika kenaikan temperatur Bumi dibiarkan begitu saja.

"Kita harus mencurahkan lebih banyak sumber daya ekonomi dan militer, bukan untuk menciptakan peluang bagi masyarakat kita, tapi untuk beradaptasi terhadap berbagai konsekuensi dari berubahnya planet ini," kata Obama, seperti dilansir AFP, Selasa (1/12/2015). 

"Ini adalah ancaman ekonomi dan keamanan yang harus kita atasi bersama," sambung dia.

COP21 yang disponsori PBB bertujuan membuat sebuah perjanjian global untuk memangkas emisi karbon, yang sebagian besar datang dari pembakaran bahan bakar fosil. Perjanjian perubahan iklim juga akan mewajibkan sejumlah negara maju untuk membantu negara yang paling rentan terkena imbas pemanasan global.

Meski bertekad akan melawan perubahan iklim, banyak kepala negara yang memilih menggunakan bahan bakar fosil untuk sektor industri mereka karena alasan harga, dengan mengabaikan konsekuensi polusi karbon. 

"Perubahan iklim adalah masalah masif, ini masalah generasi. Meski begitu, pesan utama yang saya dapat (dari COP21) adalah, saya rasa kita akan mampu menyelesaikan masalah ini," tegas Obama.


(WIL)