Cek Darah dan Tes CD4 Dinilai Memberatkan Odha

Nurul Hidayat    •    Rabu, 02 Dec 2015 11:59 WIB
aids
Cek Darah dan Tes CD4 Dinilai Memberatkan Odha
Foto ilustrasi. (Ant/Basri Marzuki)

Metrotvnews.com, Jombang: Pengobatan terhadap Orang dengan HIV/AIDS (Odha) kerap kali menemui kendala. Utamanya, terkait dengan pengecekan darah untuk menentukan tahapan pengobatan. Sebab, biaya cek darah untuk mengetahui kandungan sel darah putih itu dinilai memberatkan.

Fakta ini disampaikan Igo Gimon salah satu pendamping dan koselor Odha di Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Menurutnya, biaya cek darah untuk mendeteksi sel CD4 senilai Rp300 ribu. Hal ini menjadi hambatan tersendiri bagi Odha, terutama mereka yang memiliki keterbatasan ekonomi.

"Biasanya mereka yang baru divonis HIV enggan untuk melakukan cek darah dan CD4, padahal cek tersebut penting untuk menentukan arah pengobatan selanjutnya atau pengambilan Antiretroviral (ARV) untuk Odha," ujar pemuda yang sudah tiga tahun mengabdikan dirinya untuk menjadi pendamping bagi Odha di Jombang, Rabu (2/12/2015).

Sel CD4 merupakan jenis sel darah putih atau limfosit. Sel tersebut menjadi bagian penting dari sistem kekebalan tubuh manusia. Bagi Odha, cek darah itu menjadi penting untuk mengetahui arah pengobatan lebih lanjut.

Igo menambahkan, selain uang Rp300 ribu yang dipergunakan untuk cek darah dan CD4, Odha juga harus mengeluarkan uang Rp15 ribu. "Biaya Rp15 ribu per bulan yang dikeluarkan oleh Odha untuk pengambilan ARV, karena secara keseluruhan sudah ditanggung oleh program pemerintah," imbuhnya.

Masih menurut pria berkacamaata ini, berbagai upaya dilakukan pihaknya untuk melakukan pendampingan ODHA. Salah satunya dengan memberikam kesadaran bahwa pengobatan ARV sangat penting bagi mereka. Selain itu, pihaknya juga melakukan pendampingan dalam pengurusan kartu Jombang Sehat, dan BPJS Kesehatan.

"Hal yang terpenting adalah menimbulkan kesadaran bagi Odha, bahwa pengobatan adalah penting," pungkasnya.


(SAN)

Kubu Novanto Ajukan Saksi Meringankan

Kubu Novanto Ajukan Saksi Meringankan

20 minutes Ago

Langkah tersebut tercantum dalam ketentuan Pasal 65 KUHAP terkait dengan pemanggilan saksi meri…

BERITA LAINNYA