Tim Independen Cium Praktik Politik Uang di Pilkada Sumenep

Agus Josiandi    •    Rabu, 02 Dec 2015 12:14 WIB
pilkada serentak
Tim Independen Cium Praktik Politik Uang di Pilkada Sumenep
Ilustrasi. (MI/Panca Syurkani)

Metrotvnews.com, Sumenep: Menjelang pemungutan suara Pilkada Sumenep 9 Desember mendatang, Tim Independen Pilkada Sumenep mencium adanya praktik politik uang. Tim Independen menyebut sejumlah oknum relawan dan tim sukses pasangan calon membagikan uang dan paket sembako senilai Rp50-100 ribu per orang.

“Di beberapa tempat, khususnya kawasan pedesaan, praktik seperti itu sudah mulai dilakukan,” terang Achmad Rifai, Ketua Tim Independen Pilkada Sumenep, Madura, Jawa Timur, Rabu (2/12/2015).

Rifai menjelaskan, praktik politik uang seperti itu dilakukan tidak hanya pada satu-dua orang saja, namun secara massif. “Banyak yang menerima, dan mereka menyampaikan pada kami, tapi sayangnya mereka tidak mau menjadi saksi,” jelas Rifai.

Pihaknya mengaku akan terus mengumpulkan data terkait praktik politik uang tersebut. Nantinya, data akan diserahkan pada panitia pengawas pemilu (Panwaslu) tingkat kabupaten.

Menyikapi hal tersebut, Panwaslu Kabupaten Sumenep mengaku masih menunggu laporan. Sebab, hingga saat ini, belum ada laporan apapun terkait permasalahan tersebut.

“Kalau memang ada, saya harap segera dilaporkan berikut bukti-buktinya untuk kita dalami dan proses. Warga tak usah ragu, karena pelakunya akan diancam dengan sanksi pidana,” terang Moh Amin, Ketua Panwaslu Sumenep.


(SAN)

Dalami Konten Video, Polisi Kembali Periksa Miryam Pekan Ini

Dalami Konten Video, Polisi Kembali Periksa Miryam Pekan Ini

4 hours Ago

Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya akan kembali memeriksa Miryam S Ha…

BERITA LAINNYA