Angan-angan Ahok Usai Gusur Petani Kerang Hijau

LB Ciputri Hutabarat    •    Rabu, 02 Dec 2015 12:30 WIB
reklamasi
Angan-angan Ahok Usai Gusur Petani Kerang Hijau
Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok),--Foto: Antara/Rafiuddin Abdul Rahman

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Jaya Ancol berencana mereklamasi pesisir utara Ibu Kota Jakarta. Sebagai dampak reklamasi, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengaku, bakal menyiapkan sebuah pulau bagi nelayan kerang hijau. Rencana ini sudah dimediasikan dengan nelayan.

"Saya sampai bilang musti buatin rumah susun dua sampai tiga lantai di sana (pulau baru)," kata pria yang akrab disapa Ahok di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (2/12/2015).

Dia mengatakan, tak hanya tempat tinggal, pihaknya juga akan menyiapkan tempat budidaya ikan dan memberi nelayan bibit serta pupuk ikan. Hal ini akan menjadi keuntungan bagi para nelayan.

"Lalu bagi hasil dengan nelayan yang mau kerja," ungkap Ahok.

Pembagian hasil akan berdasarkan 20 persen untuk Pemprov DKI dan 80 persen untuk nelayan setelah pemotongan bibit dan obat. Dia juga bakal memperbolehkan nelayan bertani sayur. "Anda bisa bolak balik dagang di situ enggak perlu bayar," ucap dia.

Mantan Bupati Belitung Timur ini juga mengaku akan mempersiapkan fasilitas lainnya di pulau baru seperti pemasangan jenset serta reverse osmosis (penyulingan air laut). "Kita buat juga jadi tempat wisata," tutur suami Veronica Tan itu.

Bagi para nelayan yang bakal tinggal di pulau tersebut juga akan dibebaskan biaya kapal ke Kepulauan Seribu. Namun, penduduk harus sudah terdaftar dengan ATM DKI. "Saya sudah mau lelang rupiah per mil untuk kapal ke pulau nanti kita atur teknisnya," terang dia.


(MBM)

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

16 hours Ago

KPK akan tetap menghadapi proses persidangan selanjutnya yang masuk dalam tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA