Ini Alasan Rekaman #PapaMintaSaham Freeport Tak Lengkap

Githa Farahdina, M Rodhi Aulia    •    Rabu, 02 Dec 2015 14:29 WIB
pencatut nama presiden
Ini Alasan Rekaman #PapaMintaSaham Freeport Tak Lengkap
Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said--Antara/Wahyu Putro

Metrotvnews.com, Jakarta: Rekaman percakapan yang diduga Ketua DPR Setya Novanto bersama pengusaha minyak Riza Chalid dengan pimpinan PT Freeport Indonesia adalah saat pertemuan ketiga. Rekaman berisi perihal perpanjangan kontrak PT Freeport Indonesia yang diserahkan ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) diakui tak lengkap.

"Informasi yang saya terima (pertemuan) terjadi tiga kali. Rekaman pertemuan tersebut adalah yang ketiga. Mengapa pada laporan tanggal 16 November tidak utuh, kerena hanya yang relevan, dan sesuai dengan tugas saya sebagai menteri ESDM," kata menteri ESDM Sudirman Said, saat sidang MKD di Gedung DPR, Rabu (2/12/2015).

Dia mengatakan tidak mengetahui soal lokasi pertemuan antara Setya Novanto bersama pengusaha minyak Riza Chalid dengan pimpinan PT Freeport Indonesia. "Pertemuan pertama dan kedua tidak dapat relevan. Mungkin bisa ditanyakan ke Direktur Freeport Indonesia Direktur Freeport Indonesia," imbuhnya.

Rekaman percakapan yang berdurasi 1 jam 27 menit. Sempat ada perdebatan soal apakah rekaman tersebut diputar atau tidak. Namun disepakati rekaman tersebut akan diputar setelah pertanyaan dilontarkan.

Sidang dipimpin Ketua MKD Surahman Hidayat. Usai membuka sidang, Surahman mempersilakan pegawai MKD membacakan tata tertib (tatib) persidangan MKD. Usai pembacaan tatib, Sudirman pun ditanyakan kesediaannya apakah dirinya bersedia bila sidang digelar secara terbuka.

Surahman langsung meminta Sudirman untuk diambil sumpah agar memberi keterangan yang sebenar-benarnya.

"Demi Allah, Wallahi, saya akan memberi keterangan yang sebenar-benarnya tidak lain dari yang sebenarnya," tutur Sudirman menirukan ucapan Ketua MKD Suharman Hidayat.


(YDH)