Pemerintah Desa Tunggu Dana Desa Termin Ketiga

Patricia Vicka    •    Rabu, 02 Dec 2015 14:46 WIB
dana desa
Pemerintah Desa Tunggu Dana Desa Termin Ketiga
Ilustrasi dana desa, Ant

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Dana Desa 2015 termin ketiga untuk sejumlah desa di Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta, belum cair. Sebab Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman belum mendapatkan dana itu dari pemerintah pusat.

Staf Bidang Belanja Dinas Pengelolaan Kekayaan Aset Daerah (DPKAD) Vika Adyandari mengatakan Pemkab Sleman masih menunggu kucuran Dana Desa termin ketiga sebesar Rp5,6 miliar. Vika mengatakan syarat pencairan dana termin ketiga dilakukan bila pemerintah desa telah melaporkan penggunaan Dana Desa kesatu dan kedua.

"Semua laporan termin satu dan dua dari pemerintah desa sudah kami dapatkan dan sudah kami kirim ke pemerintah pusat pada November 2015," ujar Vika di Kantor DPKAD Sleman Yogyakarta, Rabu (02/12/2015). 

Vika mengatakan Dana Desa termin kedua sudah cair ke pemerintah desa. Terakhir, dana itu ditransfer ke 12 desa pada 20 November 2015.

Sementara Kasubag Pendapatan dan Kekayaan Desa Bagian Pemerintahan Desa Sekretaris Daerah Sleman, Alkhalik, membenarkan belum menerima pencairan Dana Desa termin ketiga. Alkhalik mengaku tak tahu alasan belum menerima pencairan dana tersebut.

"Seharusnya termin ketiga sudah ada sejak Oktober lalu. Prosedur pencairannya adalah mengirimkan laporan realisasi penyaluran Dana Desa termin pertama dan kedua. Semua desa sudah mengumpulkan laporannya," tuturnya.

Ia menilai Dana Desa terserap dengan baik. Rata-rata dari dua termin, pemerintah desa telah menyerap dana hingga 80 persen.

"Bahkan ada beberapa desa yang sudah menyerap 100 persen. Seperti di Desa Wedomartani dan Sindumartani. Mereka sekarang sudah meminta Dana Desa termin ketiga," pungkasnya.

Keterlambatan pencairan dana desa juga pernah terjadi di termin pertama. Dana yang semestinya sudah bisa dicairkan di awal tahun 2015 mundur hingga pertengahan tahun 2015.


(RRN)