OMRON: Otomatisasi Bisa Bantu Industri Indonesia di Era MEA

Riandanu Madi Utomo    •    Rabu, 02 Dec 2015 15:10 WIB
omron
OMRON: Otomatisasi Bisa Bantu Industri Indonesia di Era MEA
Acara bincang media dengan OMRON membahas sistem otomatisasi industri

Metrotvnews.com, Jakarta: Dalam waktu dekat Indonesia akan masuk ke era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Artinya, masyarakat Indonesia juga harus siap dengan persaingan ekonomi secara global. Lalu, bagaimana kita bisa mempersiapkan diri?

Perusahaan teknologi OMRON mengatakan bahwa proses otomatisasi dalam industri merupakan kunci agar Indonesia dapat bersaing dengan negara lain.

"Teknologi industri di Indonesia memang masih tertinggal dengan negara lainnya. Bahkan dengan negara tetangga kita juga masih tertinggal," ujar Irawan Santoso, Presiden Direktur OMRON Indonesia. "Industri mau tak mau wajib menerapkan sistem otomatisasi agar produksinya lebih banyak dan biaya produksinya dapat ditekan," lanjutnya.

Lalu apa keunggulan proses otomatisasi untuk industri? Selain dapat memperbanyak hasil produksi, proses otomatisasi juga membuat biaya produksi semakin kecil. Dengan menggunakan proses otomatisasi, perusahaan hanya memerlukan sedikit karyawan karena berbagai proses produksi telah dilakukan oleh mesin.

Irawan mengatakan bahwa OMRON sendiri sudah mulai melangkah untuk menerapkan sistem otomatisasi produksi. Pihaknya tengah membangun pabrik yang nantinya akan menggunakan sistem produksi otomatisasi.

OMRON juga mengatakan peluang pasar di Indonesia sangat besar, karena selain memiliki wilayah yang luas, Indonesia juga memiliki penduduk yang sangat banyak. Sementara industri yang menurut OMRON telah siap untuk melakukan otomatisasi adalah industri otomotif dan makanan.

OMRON juga memiliki berbagai teknologi otomatisasi untuk industri. Teknologi tersebut memungkinkan mesin-mesin industri tidak hanya berjalan secara otomatis, namun juga saling terhubung satu sama lain di dalam sebuah jaringan komputer yang menggunakan konsep IoT (internet of things).


(MMI)