Menteri Sudirman Minta PT Freeport Indonesia Tak Menekan Pemerintah

Githa Farahdina, M Rodhi Aulia    •    Rabu, 02 Dec 2015 15:12 WIB
pencatut nama presiden
Menteri Sudirman Minta PT Freeport Indonesia Tak Menekan Pemerintah
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said--Metrotvnews.com/Yogi Bayu Aji

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri ESDM Sudirman Said sempat bertemu dengan pihak PT Freeport Indonesia. Dalam pertemuan tersebut, Sudirman meminta, PT Freeport Indonesia tak menggunakan jaringannya untuk menekan pemerintah.

"Saya minta Anda tidak menggunakan jaringan politik anda untuk menekan saya," kata Sudirman saat sidang MKD di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (2/12/2015).
 
Dia juga tidak melarang PT Freeport Indonesia bertemu seluruh jaringannya di Indonesia. "Silakan bertemu dengan siapa saja asalkan diupdate," imbuhnya.

Menteri Sudirman memilih melaporkan dugaan Ketua DPR Setya Novanto meminta saham ke PT Freeport Indonesia ke MKD. Sudirman tak melapor ke penegak hukum karena belum punya niat.

"Saya yakin penegak hukum bisa menilai ini melanggar hukum atau tidak," ujar dia.

Sudirman mengatakan, sepekan setelah bertemu pimpinan PT Freeport dirinya bertemu Presiden dan menyampaikan dugaan Novanto meminta saham ke PT Freeport dengan mencatut nama Presiden dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. "Saya juga bertemu wapres, saya sampaikan," ujarnya.

Penegasan Sudirman itu sekaligus membantah tudingan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Luhut Binsar Panjaitan yang mengatakan Sudirman melaporkan masalah ini ke MKD tanpa sepengetahuan Presiden Joko Widodo.


(YDH)

Pernyataan Pengacara Novanto Memprihatinkan

Pernyataan Pengacara Novanto Memprihatinkan

32 minutes Ago

Fredrich dianggap melewati batas dalam memberikan keterangan dan informasi tentang Novanto yang…

BERITA LAINNYA