Microcar, Mobil Ramah Lingkungan Karya Universitas Trisakti

Kesturi Haryunani    •    Rabu, 02 Dec 2015 16:10 WIB
mobil unik
Microcar, Mobil Ramah Lingkungan Karya Universitas Trisakti
Microcar karya Universitas Trisakti

Metrotvnews.com, Jakarta: Universitas Trisakti melalui kerjasama lintas fakultas antara Fakultas Seni Rupa dan Desain (Desain Produk) dengan Fakultas Teknik Industri (Teknik Mesin), membuat terobosan awal pembuatan Microcar. Kendaraan ini memiliki tiga atau empat roda dengan panjang bodi keseluruhan kurang dari tiga meter dan volume ruang kurang dari 2.400 liter.

Microcar dapat didefinisikan sebagai mobil dengan ukuran sangat kecil, sehingga dalam Bahasa Inggris sering disebut sebagai An Extremely Small Size Automobile. Pada umumnya tempat duduk Microcar hanya untuk dua orang, namun tidak menutup kemungkinan dapat dinaiki dua penumpang di belakang dengan ketentuan tinggi badan tidak lebih dari 165 cm.

Mesin Microcar berkapasitas 360 cc, sehingga diklaim mampu menghemat bahan bakar. ini sesuai dengan alasan utama pembuatan Microcar, yaitu ekonomis dan efisiensi dalam harga, peralatan, dan teknologi yang diaplikasikan. Rancangan ini seperti hadiah istimewa bagi niversitas Trisakti yang akan merayakan Dies Natalis ke-50.

Mock-up microcar dengan skala 1:1 dirancang menggunakan limbah kayu jati kering, sehingga dapat mengoptimalkan pemanfaatan limbah tidak terpakai. Limbah kayu jati didapatkan dengan merangkul PT Tetap Jaya Art sebagai mitra perusahaan industri kerajinan kayu di Boyolali, Jawa Tengah.

Saat Universitas Trisakti akan meneruskan realisasi pada produk mobil Microcar, diharapkan sudah dapat menggunakan bahan serat alami dari limbah sawit. Penggunaan serat alami menjadi konsep Sustainable Green Design of Environmental Friendly.

Sehingga Microcar menjadi produk desain industri berbasis lingkungan yang berkelanjutan, sebagai bentuk konsistensi Universitas Trisakti dalam menjaga keseimbangan alam dan kelestarian lingkungan. Mobil karya Arya (Dosen Magister Teknik Mesin Fakultas Teknologi Industri) dan Rully Ario Dewanto Soeriaatmaja (Dosen Desain Produk Fakultas seri Rupa dan Desain) ini telah didaftarkan ke haki desain industri Microcar dengan nomor pendaftaran A002015 01468 atas nama UNIVERSITAS TRISAKTI.


(NIN)