Al Qaeda Rebut Kota Strategis di Yaman

Willy Haryono    •    Rabu, 02 Dec 2015 16:54 WIB
konflik yaman
Al Qaeda Rebut Kota Strategis di Yaman
Sekelompok separatis hendak bertempur dengan pemberontak Houthi di Aden, Yaman, 14 April 2015. (Foto: AFP/SALEH AL-OBEIDI)

Metrotvnews.com, Abyan: Grup ekstremis Al Qaeda merebut sebuah kota strategis dari pasukan pro pemerintah di wilayah selatan Yaman, Rabu (2/12/2015). 

Seorang sumber dari militer Yaman mengatakan kepada AFP bahwa militan merebut kota Jaar di provinsi Abyan, yang merupakan penghubung utama antara Aden dan Mukalla. 

Pemberontak yang disokong Iran telah memerangi pasukan Yaman selama berbulan-bulan. Loyalis presiden Abedrabbo Mansour Hadi pada Juli telah melancarkan operasi untuk merebut lima provinsi di selatan, termasuk Abyan dan Aden. 

Namun ekstremis, termasuk Al Qaeda dan Islamic State (ISIS), belakangan mulai terlihat dan menguasai sejumlah titik di dalam dan sekitar Aden. 

Pertempuran memperebutkan Jaar menewaskan empat anggota pasukan pemerintah "Popular Resistance," termasuk seorang komandannya. Dari kubu Al Qaeda, tiga militan dilaporkan tewas. 

Al Qaeda in Arabian Peninsula (AQAP) merebut kompleks pemerintahan Yaman di Zinjibar, ibu kota provinsi Abyan, pada Oktober. AQAP telah menerapkan hukum syariah versi mereka di Mukalla, yang direbut pada April. 

Amerika Serikat (AS) menganggap AQAP sebagai grup afiliasi paling mematikan dari jaringan Al Qaeda.


(WIL)