Internasionalisasi Yuan Berdampak Positif bagi Perusahaan Tiongkok

   •    Rabu, 02 Dec 2015 17:35 WIB
tiongkok
Internasionalisasi Yuan Berdampak Positif bagi Perusahaan Tiongkok
CHINA OUTAFP PHOTO.

Metrotvnews.com, Beijing: Perusahaan pemeringkat Fitch Ratings menuturkan internasionalisasi yuan Tiongkok akan memiliki dampak positif jangka panjang bagi perusahaan Tiongkok. 

"Pertumbuhan yang cepat dalam kepemilikan asing atas aset-aset berdenominasi yuan dan penggunaan yuan dalam pembayaran lintas batas, kemungkinan akan mengurangi biaya pertukaran mata uang dalam jangka panjang," kata Fitch sebagaimana dikutip dari Antara, Rabu (2/12/2015). 

Yuan telah meningkat menjadi mata uang yang paling banyak digunakan kelima secara global untuk pembayaran lintas batas, menurut data September, naik dari hanya urutan ke-14 tiga tahun yang lalu.  Yuan menjadi mata uang yang paling sering digunakan untuk pembayaran intra-regional di Asia-Pasifik. 

"Karena peningkatan yuan dalam popularitas, kesenjangan eksposur untuk perusahaan Tiongkok antara mata uang operasi mereka dan mata uang pendanaan akan menyempit,"kata Fitch lagi. 

Peningkatan partisipasi investor institusi internasional di pasar lokal, juga dapat memperkuat kesadaran investor atas isu tata kelola perusahaan.

"Ini termasuk transparansi yang lebih besar dan perlindungan hukum serta bidang-bidang di mana perbaikan akan menjadi kredit yang positif bagi perusahaan-perusahaan Tiongkok," tambah Fitch. 

Sebelumnya, Dewan eksekutif Dana Moneter Internasional (IMF) telah memutuskan untuk memasukkan mata uang Tiongkok, yuan atau renminbi (RMB), dalam keranjang Special Drawing Rights (SDR)-nya, menandai tonggak bersejarah dalam perjalanan global mata uangnya dan kepercayaan atas reformasi keuangan Tiongkok.


(SAW)