Menhan: Masalah Laut Cina Selatan Sudah Selesai

Achmad Zulfikar Fazli    •    Rabu, 02 Dec 2015 19:21 WIB
Menhan: Masalah Laut Cina Selatan Sudah Selesai
Daerah Tanjung Jabung Barat dan Tanjung Jabung Timur yang memanjang di pantai timur Sumatera dan berbatasan langsung dengan Provinsi Sumsel, Riau dan Laut Cina Selatan. (Foto: ANTARA/Wahdi Septiawan)

Metrotvnews.com, Jakarta: Masalah Laut Cina Selatan membuat ASEAN dan Tiongkok sempat tegang dinilai telah selesai. Asalkan, tidak ada lagi yang mengusik ketenangan di Laut Cina Selatan.

Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu mengatakan status konflik di Laut Cina Selatan silih berganti mulai dari status merah atau bergejolak hingga menjadi kuning atau tenang.

"Sudah di tingkat kuning dari merah. Ini kan diplomasi juga kita," kata Ryamizard di Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (2/11/2015).

Terkait masalah Natuna, Ryamizard juga menegaskan bahwa masalah tersebut telah selesai. Ia pun berharap tidak ada lagi yang menggangu Natuna, untuk menghindari masalah yang bisa mengganggu perdamaian antar negara.

"Natuna, enggak ada masalah. Jangan usil. Kalau salah satu usil, nanti ribut lagi," ucap dia.

Soal patroli bersama dengan Tiongkok di Laut Cina Selatan, mantan KASAD ini menilai tidak lagi diperlukan. Sebab, situasi di wilayah tersebut sudah tenang dan beberapa negara pun telah melakukan patroli untuk menjaga perdamaian di Laut Cina Selatan.

"Memang awal dulu ada rencana. Sekarang sudah banyak, biarkan saja. Amerika sudah sama Jepang. Kan kita bilang sama Cina, ini rumah kita bersama. Kita baik-baik saja," tandas dia.
(MEL)