Ini Enam JPO Tanpa Penerangan di Jakarta Selatan

Wanda Indana    •    Rabu, 02 Dec 2015 19:35 WIB
jpo
Ini Enam JPO Tanpa Penerangan di Jakarta Selatan
Warga melintas di JPO yang rusan dan tanpa penerangan. (Foto: MI/Galih Pradipta)

Metrotvnews.com, Jakarta: Enam dari 17 jembatan penyebrangan orang (JPO) tidak dilengkapi dengan penerangan. Selain tidak layak, JPO itu rawan terjadi kejahatan.
 
Berdasarkan data Suku Dinas Perhubungan dan Transportasi Jakarta Selatan, JPO yang tidak memiliki penerangan berada di Bukit Duri depan SMP 115 Tebet, JPO Trans Tv, JPO SDN Cilandak, JPO Stasiun Tanjung Barat sisi selatan dan sisi barat, serta JPO depan Terminal Blok M.
 
‎"Karena keterbatasan anggaran. Tapi akan dianggarakan 2016, karena sesuai arahan pak Gubernur untuk memasang CCTV sama lampu penerangan," kata Kepala Suku Dinas Perhubungan dan Transportasi Jaksel Prapto Priyanto kepada Metrotvnews.com di kantornya, Jalan MT Haryono, Rabu (2/12/2015).
 
Kondisi JPO tanpa lampu penerangan seperti di Jalan TB Simatupang, Lebak Bulus, Jakarta Selatan meresahkan warga. Selain gelap dan tidak layak, JPO itu kerap dijadikan tempat preman mabuk hingga rawan kejahatan.
 
Namun, Priyanto meluruskan, JPO yang menjadi pengawasan Sudinhub adalah JPO terbuat dari besi. Sementara JPO yang terbuat dari beton adalah milik Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera).
 
"Jembatan di Lebak Bulus itu bukan punya DKI, tapi Kementerian PU. JPO punya kita yang dari besi," kata Priyanto.


(FZN)