Sudirman Said: Saya Hadir untuk Memuliakan Dewan

M Rodhi Aulia    •    Rabu, 02 Dec 2015 21:25 WIB
pencatut nama presiden
Sudirman Said: Saya Hadir untuk Memuliakan Dewan
Menteri ESDM Sudirman Said. (Foto: MI/Susanto)

Metrotvnews.com, Jakarta: Rekaman pembicaraan Ketua DPR Setya Novanto, Pengusaha Muhammad Riza Chalid dan Presiden Direktur PT Freeport Indonesia sudah diputar dalam sidang Mahkamah Kehormatan DPR (MKD) malam ini. Akan tetapi dari rekaman berdurasi sekira 120 menit itu dianggap tidak ada pembagian saham.

"Saya tidak menemukan adanya pembagian saham," kata Anggota MKD Syarifudin Suding di Ruang Sidang MKD, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (2/12/2015).

Anggota MKD Ridwan Bae juga mengaku tidak menemukan dugaan pencatutan nama Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla yang dialamatkan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said kepada Ketua DPR Setya Novanto dalam rekaman yang diperdengarkan tersebut.

Namun, pernyataan ini dibantah Wakil Ketua MKD Junimart Girsang meminta anggota MKD untuk tenang. "Kalau soal saham, ada di halaman 3," kata Junimart menimpali. Ia meminta anggota MKD untuk tidak mengomentari rekaman tersebut karena kesepakatan sidang malam ini bukan untuk itu.

Anggota MKD Akbar Faizal menjelaskan, pembagian saham ada di alinea kedua, halaman ketiga. "Ini jelas ada," tegas dia setelah membaca transkrip pembicaraan antara Setya Novanto, Muhammad Riza Chalid.

Anggota MKD M. Prakoso meminta agar Sudirman Said menjawab sendiri tudingan tersebut. Semula, Sudirman merasa bersyukur akhirnya rekaman ini diputar dihadapan publik dan menilai transkrip sesuai dengan rekaman. Sudirman meminta Suding untuk membaca dengan hati-hati agar bisa paham.

"Pada lembar keenam, di situlah dimulai proyek listrik yang dimaksud. Kemudian halaman 9, di situ jelas sekali, ada sahut menyahut antara SN dan MR ada saham," ujar Sudirman.

"Saya hadir di sini untuk memuliakan dewan," imbuh dia.

Sudirman Said tak banyak komentar usai dicecar anggota MKD terkait keberadaan transkrip yang menyatakan Setya Novanto meminta saham. Usai memberi sedikit tanggapan, Sudirman pamit disusul Ketua MKD menutup persidangan dan akan melanjutkannnya besok.


(MEL)