Waspada, Rupiah Bisa Balik Melemah

Dian Ihsan Siregar    •    Kamis, 03 Dec 2015 10:01 WIB
kurs rupiah
Waspada, Rupiah Bisa Balik Melemah
Ilustrasi -- FOTO: Antara/Gunawan Wibisono

Metrotvnews.com, Jakarta: Penguatan gerak mata uang dolar Amerika Serikat (AS) akan melempar gerak rupiah ke zona merah. Investor pun diminta mewaspadainya.

"Mulai adanya penguatan laju USD di pasar global, memberikan peringatan bagi Rupiah untuk dapat berhati-hati akan potensi pembalikan arah," ujar Kepala Riset NH Korindo Securities Indonesia Reza Priyambada dalam keterangan risetnya yang diterima Metrotvnews.com, Kamis (3/12/2015).

Apalagi, tambah dia, jika sentimen dari dalam negeri belum terlalu mendukung secara positif, maka dapat membuat laju mata uang Garuda pun berpeluang melemah.

"Tetap mencermati sentimen yang ada dan mewaspadai jika penguatan tersebut hanya sementara. Dalam satu hari ini rupiah akan berada di level Rp13.740-Rp13.777 per USD (kurs tengah BI)," jelas Reza.

Namun demikian, Reza bertutur jika gerak rupiah masih dapat melanjutkan penguatannya, setelah merespons rilis data-data AS yang melemah. "Kenaikan laju USD periode sebelumnya dimanfaatkan untuk profit taking," tambahnya.

Dari sisi lain, dia menyebutkan, meski euro juga sedang melemah seiring rencana pemberian stimulus ECB, tapi terlihat tidak terlalu melemah bila dibandingkan dengan USD. Rupiah pun memanfaatkan kondisi tersebut untuk bergerak menguat.

Adapun pasca akhir perdagangan rupiah kemarin, sejumlah mata uang terpantau melemah, seperti EUR, GBP, AUD, CAD, JPY, dan beberapa lainnya. Kenaikan laju Rupiah ini pun mampu mengesampingkan ekspektasi kami akan adanya pelemahan.

Namun demikian, rupiah diharapkan dapat melanjutkan kenaikannya, seiring mulai menguatnya sejumlah mata uang terhadap USD.


(AHL)

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

19 hours Ago

Miryam S. Haryani yang menyebut ada pertemuan anggota Komisi III DPR dengan pejabat KPK setingk…

BERITA LAINNYA