Tahun Depan, Smartfren Rilis Andromax yang Dukung LTE-A

Insaf Albert Tarigan    •    Kamis, 03 Dec 2015 11:14 WIB
smartfren telecom
Tahun Depan, Smartfren Rilis Andromax yang Dukung LTE-A
Samsung Galaxy Note 4 sudah mendukung LTE Advanced.

Metrotvnews.com, Balige: Smartfren sudah memasang 400 BTS 4G LTE di Sumatera Utara dan 600 di Sumatera Bagian Utara. Khusus untuk Kota Medan (juga kota-kota besar lain), Smartfren telah mengaktifkan jaringan LTE Advanced dengan metode Carrier Aggregation yang secara teori bisa meningkatkan kapasitas, cakupan dan kestabilan sinyal.

Sayangnya perangkat yang mendukung LTE-A ini baru terbatas pada ponsel kelas atas yang menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon seri 800. Chipset ini, misalnya, digunakan Samsung Galaxy Note 4, Galaxy Note 5, dan Nexus terbaru.

Meski demikian, Smartfren akan merilis ponsel seri Andromax yang sudah mendukung LTE-A pada tahun depan.

"Tunggu saja tanggal mainnya," kata Hartadi Novianto, Head of Mass Smartphone Smartfren, Rabu (2/11/2015).

Munir Syahda Prabowo, Head of Network Special Project Smartfren menjelaskan, LTE-A menggabungkan dua bandwidth Smartfren di frekuensi 2.300MHz. Saat ini, operator di seluruh dunia menggunakan LTE Release 10 yang baru memungkinkan penggabungan dua kanal.

"Tahun depan LTE Release 11 akan hadir, mampu menggabungkan tiga kanal. Jadi, kita bisa gabungkan TDD dan FDD sekaligus," kata Munir.

Hartadi menimpali, tahun depan, Qualcomm akan merilis Snapdragon seri 600 yang sudah mendukung Carrier Aggregation. Saat ini, Snapdragon 600 banyak tertanam di ponsel kelas menengah dengan rentang harga Rp2-3 juta.


(ABE)

KPK Masih Telusuri Dugaan Keterlibatan 7 Penyidik di Kasus KTP-el

KPK Masih Telusuri Dugaan Keterlibatan 7 Penyidik di Kasus KTP-el

6 hours Ago

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan pemeriksaan internal terhadap tujuh orang penyidi…

BERITA LAINNYA