Mantan Bos REI Usul Pantau Komplain di Media Sosial

Gervin Nathaniel Purba    •    Kamis, 03 Dec 2015 11:19 WIB
rei
Mantan Bos REI Usul Pantau Komplain di Media Sosial
Mantan Ketua Umum DPP Real Estate Indonesia (REI) dan menjabat sebagai Ketua BPO REI Setyo Maharso (tengah) saat Rakernas REI. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Metrotvnews.com, Jakarta: Mantan Ketua Umum DPP Real Estate Indonesia (REI) Setyo Maharso meminta kepada seluruh anggota REI untuk memantau perkembangan media sosial.

Setyo mengatakan kondisi saat ini sangat berbeda sekali dengan kondisi dengan zaman orde baru. Jika pada zaman orde baru konsumen harus melewati banyak langkah untuk komplain agar bisa ditulis di media cetak, untuk zaman sekarang konsumen bisa komplain lewat media sosial.

Menurutnya, ketika konsumen komplain yang berhubungan dengan bisnis REI lewat media sosial, perbankan pasti akan memantau komplain tersebut. Sebab perbankan ingin tahu apa penyebab permasalahan dari proyek yang sedang dikerjakan REI.

"Nanti ditanya, beliau anggota REI bukan? Kalau iya proyeknya bagaimana? Dipantau proyeknya oleh bank, komplain konsumen dipantau oleh bank," ujar Setyo, di Ritz Carlton, Mega Kuningan, Jakarta, Kamis (3/12/2015).

Dirinya menambahkan, jika proyek tersebut ternyata gagal, maka Bank kemungkinan besar tidak bisa memberikan pinjaman. "Begitu proyek Anda gagal, proyek berikutnya bermasalah," tuturnya.

Selain itu, Ia berpesan kepada seluruh anggota REI untuk menjalin hubungan baik dengan pemerintah Kota Kabupaten di era keterbukaan ini. Jika hubungan terjalin baik maka tak mungkin bisnis akan berjalan lebih lancar.

"Seperti kemarin Kementerian ATR, beliau punya kepala kantor kalau ada masalah terjadi di kepala kantor dengan tata ruang di daerah, sikapi baik harus bukan dipelihara tapi maintanance sehingga usaha rekan-rekan tidak terjegal di masalah tersebut," jelasnya.


(AHL)