Mulai Q1 2016, Nokia Pasarkan Kamera VR

Lufthi Anggraeni    •    Kamis, 03 Dec 2015 12:03 WIB
nokia
Mulai Q1 2016, Nokia Pasarkan Kamera VR
Nokia mulai melaksanakan program pre-order Ozo, kamera virtual realitas terbarunya.

Metrotvnews.com: Nokia mengumumkan, mereka mulai melaksanakan program pemesanan kamera VR Ozo. Kamera virtual reality ini juga disebut akan didistribusikan pada kuartal pertama 2016. Ozo akan dipasarkan dengan harga USD60.000.

Pada acara yang digelar di Los Angeles kemarin, Nokia mendemonstrasikan kemampuan kamera dalam menyiarkan streaming langsung dalam format 3D dan seluas 360 derajat.

Band musik bergenre rock, Best Coast, yang tampil di sekitar Capitol Records, hadir sebagai objek yang disiarkan secara langsung memanfaatkan perangkat ini. Ditawarkan dengan harga cukup tinggi, perangkat ini disebut menyasar perusahaan media dan produser konten besar.

Namun, Nokia Technologies menyebut tidak berniat untuk menghadirkan perangkat untuk konsumen, serta tidak berencana merambah bidang distribusi konten.

Nokia menyebut rencananya menyediakan kamera Ozo untuk perusahaan penyedia jasa peminjaman. Kreator konten video virtual reality beranggaran terbatas dapat memanfaatkan kamera Ozo melalui perusahaan tersebut.

Kamera Ozo pertama kali diperkenalkan pada bulan Juli, dilengkapi delapan sensor shutter 2Kx2K dan delapan mikrofon untuk menghasilkan video stereoscopic.

Perusahaan lain yang juga mengembangkan perangkat serupa termasuk GoPro. GoPro dilaporkan mengembangkan rig multi-kamera yang dapat menghasilkan video 360 derajat, dengan bantuan Google.


(MMI)