Presdir Freeport Maroef Saksi Kunci Kasus Setya Novanto

Achmad Zulfikar Fazli    •    Kamis, 03 Dec 2015 13:23 WIB
pencatut nama presiden
Presdir Freeport Maroef Saksi Kunci Kasus Setya Novanto
Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Maroef Sjamsuddin di kawasan Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Kamis 22 Januari 2015. MI/Immanuel Antonius

Metrotvnews.com, Jakarta: Mahkamah Kehormatan Dewan akan menghadirkan Direktur PT Freeport Indonesia Maroef Sjamsoeddin dalam sidang lanjutan kasus Ketua DPR Setya Novanto. Maroef disebut saksi kunci masalah ini.

Anggota MKD dari Fraksi Hanura Sarifuddin Sudding mengatakan, Maroef diduga hadir dalam pertemuan dengan Novanto dan pengusaha M. Riza Chalid. Ia juga yang merekam pembicaraan dalam pertemuan itu.

"Yang penting ini saksi Maroef yang mengalami, mendengar sendiri tentang peristiwa kejadian itu. (Maroef) saksi yang sangat penting," kata Sarifuddin di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (3/12/2015).

Menteri ESDM Sudirman Said melaporkan pertemuan Ketua DPR Setya Novanto dan pengusaha Riza Chalid dengan Direkrut Freeport Indonesia Maroef Sjamsoeddin ke MKD pada 16 November. Ia juga menyerahkan bukti pertemuan berupa rekaman pembicaraan selama 11 menit.

Dalam pertemuan itu, Novanto diduga meminta saham ke PT FI dengan mencatut nama Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla. Menurut Sudirman, pertemuan itu tidak patut terjadi karena saat ini Freeport sedang bernegosiasi dengan pemerintah terkait perpanjangan kontrak karya yang akan berakhir pada 2021.

Kemarin, MKD mendengar keterangan Sudirman. Siang ini, MKD dijadwalkan memeriksa Maroef dan Riza. "Kami akan menggali (ke Maroef) dalam kaitan untuk meminta saham," ujar Sudding.


(TRK)