Ken Umbar Janji Kejar Penerimaan Pajak Desember Lebih Besar

Suci Sedya Utami    •    Kamis, 03 Dec 2015 15:16 WIB
pajak
Ken Umbar Janji Kejar Penerimaan Pajak Desember Lebih Besar
Plt Dirjen Pajak Ken Dwijugiasteady (berbaju batik). (FOTO: MTVN/Suci Sedya Utami)

Metrotvnews.com, Jakarta: Ken Dwijugiasteadi telah ditunjuk sebagai Plt Dirjen Pajak menggantikan Sigit Priadi Pramudito yang menggundurkan diri sebagai Dirjen Pajak karena merasa tak mampu mencapai target penerimaan pajak sebesar Rp1.244,7 triliun tahun ini.

Sebagai orang yang dipercaya untuk meneruskan usaha Sigit dalam memimpin lembaga penerimaan negara, Ken menyatakan kesanggupannya untuk bisa mengakselerasi penerimaan tahun ini yang tinggal tersisa kurang dari satu bulan lagi.

"Insya Allah, Desember lebih besar dari bulan sebelumnya," kata Ken dalam konferensi pers, di kantor pusat DJP, Jl Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Kamis (3/12/2015).

Meskipun dirinya tidak menyebutkan secara jelas berapa besaran yang bisa ia upayakan terkejar dalam satu bulan terakhir. Ken mengatakan, penerimaan pajak bukan ditentukan hanya dari Desember, namun dihiting mulai dari Januari.

Sekadar informasi, penerimaan yang ditargetkan dalam APBNP 2015 sebesar Rp1.244,7 triliun, di mana realisasinya hingga awal November lalu masih sebesar 58,7 persen atau Rp730,7 triliun. Artinya, hingga akhir tahun akan ada kekurangan penerimaan pajak (shortfall) yang besar dan ditaksir mencapai Rp400-an triliun.


(AHL)