Pengembang Perlu Manfaatkan Bonus Demografi

Gervin Nathaniel Purba    •    Kamis, 03 Dec 2015 15:27 WIB
propertirei
Pengembang Perlu Manfaatkan Bonus Demografi
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Metrotvnews.com, Jakarta: Mantan Menteri Perumahan Rakyat periode 2009 hingga 2011 Suharso Monoarfa mengajak kepada para pelaku bisnis di Real Estate Indonesia (REI) untuk bisa memanfaatkan bonus demografi guna memacu pertumbuhan bisnis properti di waktu-waktu mendatang.

Suharso mengatakan, bonus demografi yang dimaksud adalah jumlah penduduk dengan usia produktif yang sedang mengalami pertumbuhan yang luar biasa. Menurutnya, Indonesia akan mempunyai generasi muda di usia 28 hingga 40 tahun dengan kemampuan daya beli yang lumayan dan akan mencari rumah pertama.

"Masyarakat menengah ke bawah akan mencari rumah pertamanya dan dijadikan sebagai home pertama, dan liat demografi akan ada bonus demografi yang sedang dialami hari ini sampai delapan hingga 11 tahun ke depan," ujarnya, di Ritz Carlton Mega Kuningan, Jakarta, Kamis (3/12/2015).

Menurutnya, setiap kota/kabupaten memiliki bonus demografi yang berbeda secara karakter dan berbeda pula tingkat daya beli. Dalam hal ini, ia memuji Ciputra Grup yang jeli melihat peluang ini untuk mulai masuk ke daerah guna menggarap bisnis perumahan.

"Saya katakan Pak Ciputra pandai sekali baca tanda zaman. Tafsir daya beli sedang tersebar yang sering dilupakan pelaku bisnis perumahan dalam mengembangkan demografi," tuturnya

Untuk itu, ia menyarankan agar bonus demografi ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya lantaran bisa menciptakan lapangan kerja selain meningkatkan produksi. "Bonus demografi menjawab bukan hanya produksi tapi janjikan lapangan kerja, dan daya beli yang tersedia, kan begitu," pungkasnya.



(ABD)

Aset Novanto Terancam Disita KPK

Aset Novanto Terancam Disita KPK

1 hour Ago

Penyitaan dilakukan untuk membayar sisa uang pengganti kerugian negara atas korupsi KTP-el, yan…

BERITA LAINNYA