Langgar Privasi Sekolah, Google Diprotes EFF

Lufthi Anggraeni    •    Kamis, 03 Dec 2015 16:18 WIB
google
Langgar Privasi Sekolah, Google Diprotes EFF
Google dilaporkan melanggar privasi siswa melalui Chrome Sync di Chromebook.

Metrotvnews.com: Electronic Frontier Foundation (EFF) dilaporkan mengajukan keluhan resmi dengan FTC. Keluhan ini mengklaim bahwa Google melacak aktivitas jelajah internet siswa tanpa sepengetahuan mereka.

EFF juga menyebut tindakan Google ini telah melanggar kesepakatan Student Privacy Pledge, yang telah ditandatangani Google pada Januari lalu. EFF juga mengungkap, permasalahan ini disebabkan oleh Chrome Sync, fitur yang dirancang untuk memungkinkan pengguna mengakses bookmark dan data lain di berbagai perangkat.

Chrome Sync pada Chromebooks yang dijual Google ke sekolah-sekolah dilaporkan dalam keadaan aktif. Hal ini, lanjut EFF, dimanfaatkan Google untuk mengumpulkan data dan menggunakannya untuk keperluan lain.

Menanggapi keluhan ini, Google berjanji untuk menonaktifkan pengaturan ini pada seluruh perangkat di sekolah. Namun EFF menyebut janji Google ini tidak cukup, karena Google masih dapat mengumpulkan data serupa saat siswa masuk ke Google Apps for Education.

Wall Street Journal melaporkan, klaim EFF tidak mendapat dukungan dari organisasi yang disebut bertanggung jawab atas kesepakatan ini, Future of Privacy Forum (FPF). FPF menyebut Google tidak melanggar kesepakatan karena menggunakan data teragregasi dan bersifat anonim.


(MMI)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

1 week Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA