Industri Properti Diprediksi Tumbuh 10% di 2016

Gervin Nathaniel Purba    •    Kamis, 03 Dec 2015 18:53 WIB
properti
Industri Properti Diprediksi Tumbuh 10% di 2016
Perumahan. ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf.

Metrotvnews.com, Jakarta: Real Estate Indonesia (REI) memprediksi pertumbuhan industri properti di Indonesia akan tumbuh sebesar 10 persen pada 2016 atau meningkat dari tahun ini yang diperkirakan akan tumbuh sebesar enam persen.

Menurut Ketua Umum DPP REI Eddy Hussy ada dua faktor yang menjadi penyebab meningkatnya pertumbuhan industri properti di Indonesia. Pertama adalah pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal III-2015 yang meningkat sebesar 4,75 persen dari kuartal sebelumnya.

"Kepercayaan masyarakat kepada pasar sudah menunjukkan adanya peningkatan. Indikasinya juga penjualan properti di akhir tahun ini tidak naik jumlahnya, tapi juga tidak turun,” jelas Eddy di Ritz Carlton, Mega Kuningan, Jakarta, Kamis (3/12/2015).

Eddy menambahkan hal ini dapat dilihat dari meningkatnya penjualan properti kelas menengah dan menengah ke bawah menunjukkan peningkatan. Sedangkan penjualan properti kelas menengah ke atas (high-end) cenderung menurun.

Lanjut Eddy, faktor berikutnya adalah dampak dari paket kebijakan ekonomi yang dikeluarkan oleh pemerintah akan terasa pada tahun depan. Sehingga hal ini dipercaya dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada pasar.

"Menurut kami sebagai pengusaha pertengahan tahun depan, kepercayaan masyarakat akan mulai bangkit lagi," tuturnya seraya mengatakan industri properti tahun ini tumbuh berkisar lima hingga enam persen karena perlambatan ekonomi.

Dia mengatakan prediksi tersebut bisa saja berubah karena tergantung dari pertumbuhan industri pada tahun depan. 

"Tapi saya pikir itu belum pasti. Nanti bulan Januari-Februari 2016 baru bisa kita prediksi," ujarnya. 



(SAW)

Vonis untuk Novanto (3)

Vonis untuk Novanto (3)

7 hours Ago

Skenario Setya Novanto untuk menghindarkan diri dari jerat KPK semakin jelas. Setidaknya itulah…

BERITA LAINNYA