Sekjen SCO Bangun Kerja Sama dengan RI dan ASEAN

Willy Haryono    •    Kamis, 03 Dec 2015 22:51 WIB
shanghai cooperation organisation
Sekjen SCO Bangun Kerja Sama dengan RI dan ASEAN
Sekjen SCO Dmitry Fedorovich Mezentsev dan Dubes Rusia untuk Indonesia Mikhail Galuzin di Jakarta, Kamis (3/12/2015). (Foto: MTVN/Nabila Gita)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sekretaris Jenderal Shanghai Cooperation Organisation (SCO), Dmitry Fedorovich Mezentsev, berkunjung ke Jakarta untuk mendekatkan diri dengan Indonesia dan ASEAN. 

"Saya kemarin bertemu Sekjen ASEAN (Le Leoung Minh) dan Deputi Menlu AM Fachir dan pagi ini saya juga bertemu dengan Ketua DPD (Irman Gusman) yang dengan jelas mengungkapkan ketertarikannya bekerja sama dengan salah satu struktur SCO, yaitu di bidang antiteroris," ujar Mezentsev saat ditemui di kediaman Duta Besar Rusia untuk Indonesia Mikhael Galuzin di Jakarta, Kamis, (3/12/15).

SCO, organisasi yang terdiri dari pendiri, pengamat dan mitra ini, sebagian besar beranggotakan negara Asia Pasifik, di antaranya Tiongkok, Kazakhstan, Uzbekistan, Turki, dan India.

"Anggota kami ada dari 18 negara yang berlatar belakang, kebudayaan, dan struktur yang berbeda. Kami keluarga yang sangat besar dan bermufakat untuk saling menghargai bahkan mencari solusi bagi permasalahan setiap negara anggota," ungkap Mezentsev.

Menurut Mezentsev, SCO merupakan organisasi yang bergerak dalam pengendalian keamanan di kawasan. SCO rutin melakukan pertemuan, bahkan melakukan pelatihan militer bersama yang diadakan satu kali dalam dua tahun.

"Tahun lalu kami mengadakan pelatihan militer di pedalaman Mongolia, yaitu Tiongkok bagian timur dan tahun depan akan dilaksanakan di Kazakhstan dengan tema 'Misi Damai'," tutur Mezentsev

Sampai saat ini, SCO secara aktif bekerja sama dengan PBB dan organisasi internasional lainnya serupa untuk memperkokoh kepercayaan dan menjaga keamanan di kawasan. (Nabila Gita)
(WIL)