Industri Otomotif

Segmen Mobil Premium, Kebal Krisis Ekonomi

Ekawan Raharja    •    Jumat, 04 Dec 2015 15:28 WIB
bmw
Segmen Mobil Premium, Kebal Krisis Ekonomi
BMW Group Indonesia raih penjualan positif ditengah loyonya industri otomotif. MTVN/Ekawan Raharja

Metrotvnews.com, Jakarta: Kondisi industri otomotif Indonesia di tahun 2015 terbilang sedang loyo. Namun kondisi tersebut tidak berpengaruh terhadap segmen mobil premium.

Jentri W Izhar, Vice President Sales BMW Group Indonesia, mengklaim bahwa penjualan perusahaan tempatnya bernaung terbilang bagus. Namun dia masih belum bisa memperkirakan bagaimana nasib penjualan pada dua bulan terakhir di 2016.

"Secara total penjualan hingga Oktober 2015 tumbuh 5 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Semua segmen naik,” kata Jentri di Jakarta.

Pada periode Januari-Oktober 2015, BMW Indonesia berhasil menjual mobil sebanyak 2.179 unit. Angka tersebut disumbang oleh Seri 3 sebanyak 47 persen, Seri 5 17 persen, dan X5 sebanyak 12 persen.

Jentri sendiri mengakui pertumbuhan ini tidak terlepas dari banyaknya model baru yang diluncurkan. Mulai dari facelift seri 3 dan berbagai model baru di segmen baru.

Salah satu bos di BMW Group Indonesia tersebut juga mengalisis, tren positif di segmen kendaraan premium terpengaruh karakteristik orang di dalamnya. Menurutnya para pembeli di segmen kendaraan premium adalah orang-orang yang tidak terpengaruh kondisi pasang surut perekonomi.

”Mereka adalah para top management (petinggi perusahaan) atau enterpreneur (pengusaha) sukses. Daya belinya masih ada. Saya pikir di segmen premium karakternya akan seperti ini. Orang memang menahan diri, tapi tetap kemampuannya untuk beli mobil masih sangat besar,” tutup Jentri.


(UDA)