Dini Hari, Maroef Sjamsoeddin Sambangi Kejagung

M Rodhi Aulia    •    Jumat, 04 Dec 2015 01:04 WIB
pencatut nama presiden
Dini Hari, Maroef Sjamsoeddin Sambangi Kejagung
Presdir PT Freeport Indonesia Maroef Sjamsoeddin (kiri) menghadiri sidang etik MKD DPR di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (3/12/2015).--Foto: Antara/M Agung Rajasa

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Maroef Sjamsoeddin menyambangi Kejaksaan Agung, Jumat (4/12/2015) dini hari. Belum jelas, apakah Maroef akan diperiksa atau hanya mengambil telepon genggam miliknya yang sempat dipinjam tim penyidik Kejagung.

Pantauan Metrotvnews.com, Maroef tiba pukul 00.34 dengan menumpang sedan hitam bernopol B 1749 PAE. Tanpa berkomentar, Maroef yang didampingi sekretaris pribadinya, memasuki Gedung Bundar.

Maroef baru saja selesai menjalani pemeriksaan di Mahkamah Kehormatan DPR (MKD), sejak Kamis siang 3 November. Nyaris 12 jam Maroef duduk di kursi persidangan di Kompleks Parlemen, Senayan.

Maroef adalah saksi terkait kasus dugaan pencatutan nama Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla yang diduga melibatkan Ketua DPR Setya Novanto. Pencatutan itu untuk kepentingan pemulusan perpanjangan kontrak karya PT Freeport Indonesia.

Maroef memegang rekaman sebagai bukti pencatutan tersebut. Telepon genggam yang dijadikan Maroef untuk merekam pembicaraan dirinya dengan Novanto dan pengusaha Muhammad Riza Chalid, kini berada di meja Jampidsus.

Hal itu sengaja disimpan Jampidsus untuk kepentingan penyelidikan dalam mencari bukti permulaan. Kedatangan Maroef ke Jampidsus dini hari ini, merupakan yang ketiga kali. Setelah pertama kalinya, pada Rabu (2/12/2015) malam dan Kamis (3/12/2015) pagi.


(ALB)