Reformasi Birokrasi jadi Senjata Airin Berantas Korupsi

Arga sumantri    •    Jumat, 04 Dec 2015 09:55 WIB
tangerang selatan
Reformasi Birokrasi jadi Senjata Airin Berantas Korupsi
Debat kandidat calon kepala daerah Tangerng Selatan. (Foto: MTVN/Arga Sumantri)

Metrotvnews.com, Tangerang Selatan: Calon petahana Pilkada Kota Tangsel, Airin-Benyamin memiliki senjata ampuh untuk memberantas korupsi di Tangerang Selatan. Reformasi birokrasi, mutasi, demosi pejabat menjadi andalan pasangan nomor urut tiga itu.
 
Dalam debat publik Pilkada Tangsel Kamis 3 Desember, isu korupsi menjadi senjata pesaing Airin. Pasangan calon nomor urut satu, Ikhsan Modjo-Li Claudia Chandra menilai Airin-Benyamin gagal mengontrol satuan kerja perangkat daerah (SKPD) dalam penggunaan pos anggaran. Ikhsan menyebut petahana gagal menjalankan reformasi birokrasi.
 
Airin menampik pernyataan Ikhsan soal reformasi birokrasi dalam tata pemerintahan Kota Tangsel selama dia menjabat. Airin mengaku selalu mengingatkan anak buahnya agar menggunakan pos anggaran sesuai aturan.
 
"Sebagai kota baru, Tangerang Selatan banyak mengalami reformasi birokrasi. Namun tidak 100 persen berjalan sesuai harapan. Pengguna anggaran memang di kepala SKPD. Saya juga tidak segan melakukanmutasi bahkan demosi pejabat yang bermasalah,” ujarnya.
 
Pasangan calon nomor urut 2, Arsid-Elvier juga menanyakan hal serupa. Arsid menilai tata kelola pemerintahan selama Airin menjabat sebagai wali kota terkesan tidak baik dan tidak bersih. "Ada beberapa SKPD yang terlibat kasus, kenapa seperti tidak tahu?" tanya Arsid.
 
Benyamin, kemudian menjawab pertanyaan itu. Benyamin membeberkan langkah yang sudah diambil Pemkot Tangsel untuk menyiasati kasus serupa agar tidak terjadi lagi.
 
" 2015 kami sudah membuat pakta integritas dengan seluruh SKPD. Pakta integritas ini jadi salah satu kunci integritas agar program SKDP sesuai perencanaan. Tahun ini kami sudah kerja sama dengan BPK dan Deputi pencegahan KPK guna pengawasan," jawab Benyamin lugas.


(FZN)

KPK Hadirkan Tiga Ahli di Praperadilan Novanto

KPK Hadirkan Tiga Ahli di Praperadilan Novanto

12 minutes Ago

KPK akan menghadirkan tiga ahli dalam lanjutan sidang praperadilan Setya Novanto di Pengadilan …

BERITA LAINNYA