Nintendo NX akan Hadir Tahun Depan

Riandanu Madi Utomo    •    Jumat, 04 Dec 2015 11:24 WIB
nintendo
Nintendo NX akan Hadir Tahun Depan
Akankah Nintendo NX dapat merebut pasar konsol dari PlayStation dan Xbox? (AFP/FREDERIC J. BROWN)

Metrotvnews.com: Setelah cukup lama tidak ada kabar, Nintendo baru saja mengumumkan bahwa mereka akan merilis konsol terbarunya, yaitu Nintendo NX, tahun 2016 mendatang.

Tidak hanya itu, Nintendo juga mengatakan bahwa konsol terbarunya kali ini akan sangat berbeda dengan konsol sebelumnya. Konsol tersebut juga bukan merupakan penerus dari Wii atau Wii U, melainkan sebuah konsol yang benar-benar baru.

"Saya dapat memastikan bahwa kami (Nintendo) tidak sedang mengembangkan konsol penerus Wii atau Wii U. Konsol ini akan sangat unik dan berbeda," ujar presiden Nintendo Tatsumi Kimishima saat diwawancara oleh Time.

Menurut The Verge, sebelumnya sempat beredar kabar bahwa Nintendo NX akan berupa gabungan antara konsol dengan perangkat mobile. Konsol tersebut dikatakan akan terdiri dari bagian utama dan bagian ekstensi yang dapat dilepas agar dapat dibawa kemana-mana.

Tidak hanya itu, konsol ini juga dikatakan akan lebih kencang dari Wii U agar dapat berkompetisi dengan PlayStation dan Xbox nantinya.

Meskipun Nintendo tidak ingin berbicara lebih jauh mengenai konsol barunya ini, beberapa pengembang dikabarkan tengah menggarap game untuk Nintendo NX. Salah satunya adalah Square Enix yang dilaporkan tengah menggarap berbagai judul game untuk Nintendo NX.

Di luar ranah konsol, Nintendo juga sedang mengembangkan sayapnya ke pasar perangkat mobile dengan merilis aplikasi bernama Miitomo.


(MMI)