Anggota ISIS Masuki Thailand untuk Serang Kepentingan Rusia

Sonya Michaella    •    Jumat, 04 Dec 2015 11:30 WIB
isis
Anggota ISIS Masuki Thailand untuk Serang Kepentingan Rusia
Kelompok militan ISIS (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Bangkok: Sepuluh warga Suriah yang terkait jaringan Islamic State (ISIS) masuk ke Thailand pada Oktober untuk menyerang kepentingan Rusia. Informasi itu didapatkan Polisi Thailand dari bocoran dokumen Dinas Keamanan Federal Rusia.
 
Dalam dokumen itu, polisi didesak untuk memperkuat keamanan di sekitar kepentingan Rusia, termasuk tempat yang terkait dengan pihak yang turut serta melakukan serangan udara terhadap ISIS di Suriah. 
 
Rusia memulai serangan udara di Suriah pada 30 September dan telah meningkatkan serangan dalam beberapa pekan terakhir. ISIS mengaku bertanggung jawab atas menembak jatuh pesawat Rusia  pada Oktober lalu yang menewaskan 224 orang didalamnya.
 
"Dokumen ini nyata. Kami menerimanya dari Cabang Khusus," kata salah seorang petugas polisi Thailand yang menangani masalah-masalah kejahatan internasional, seperti dikutip Reuters, Jumat (4/12/2015).
 
"Saya harus mengurus masalah ini segera," katanya. "Komunikasi asli ini hanya dari mulut ke mulut antara polisi Rusia dan Thailand. Saya tidak tahu bagaimana dokumen ini bisa bocor," lanjutnya.
 
Kepolisian Thailand mengatakan, empat tersangka melakukan perjalanan ke Pantai Pattaya, dua sampai di pulau wisata Phuket, dua ke Bangkok dan dua lagi untuk tujuan yang tidak diketahui. Namun, untuk saat ini polisi belum mengidentifikasi para tersangka tersebut.
 
Sebelumnya, Pemerintah Thailand dan polisi menegaskan bahwa tidak ada Muslim Thailand yang bergabung dengan ISIS.
 
Tiga provinsi paling selatan Thailand yang berbatasan dengan Malaysia adalah rumah bagi komunitas Muslim yang cukup besar.



(FJR)