Jaringan SIM Online Bakal Basis Kuat Data Penduduk

Ahmad Garuda    •    Jumat, 04 Dec 2015 13:57 WIB
sim online
Jaringan SIM Online Bakal Basis Kuat Data Penduduk
Kapolda Metro Jaya (ketiga kiri) Irjen Tito Karnavian menyerahkan SIM hasil pembuatan secara online kepada warga saat acara peluncuran SIM online di Bundaran HI, Jakarta, (27/9).

Metrotvnews.com, Jakarta: Peresmian jaringan penggunaan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) via internet atau yang biasa disebut SIM Online, jadi program terbaru yang digalakkan Korps Lalulintas Kepolisian Republik Indonesia (Korlantas Polri). Sistem ini akan jauh mempermudah masyarakat dalam pengurusan SIM.

Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang ikut bekerja sama dalam program SIM Online pun yakin penerapan sistem SIM Online akan menjadi basis data yang kuat untuk masa datang. Banyak hal yang bisa dikembangkan dari basis ini karena memungkinkan merambah ke urusan lain yang digunakan secara massal.

"SIM Online ini punya korelasi besar dengan data kependudukan. Nantinya akan seperti itu, sehingga pemerintah melalui Kementerian Dalam Negeri juga bisa mudah dalam mengolah data kependudukan," ujar Direktur Utama BRI, Asmawi Syam, saat penyerahan sistem ini ke Korlantas Polri beberapa waktu lalu.

Asmawi menambahkan bahwa mereka menyerahkan sepenuhnya pengelolaan sistem ini ke Kepolisian Republik Indonesia agar benar-benar bisa membawa keuntungan dan kemudahan bagi masyarakat yang memang membutuhkan. (VIDEO: Perpanjangan SIM Online Diujicobakan di Satlantas Polrestabes Surabaya)

Lebih luas lagi, Kapolri Jenderal Badrodin Haiti berharap agar sistem ini bisa dikembangkan untuk pengurusan surat-surat kendaraan seperti BPKB dan STNK. Sehingga masing-masing penduduk bisa memperpanjang persuratan tanpa harus pulang ke daerah masing-masing.


(FIT)

Miryam Akui Mengarang Isi BAP Perkara KTP-el

Miryam Akui Mengarang Isi BAP Perkara KTP-el

17 hours Ago

Politikus Hanura Miryam S Haryani mengaku mencabut seluruh isi Berita Acara Pemeriksaan (BAP) d…

BERITA LAINNYA