Pekan Depan Maroef Sjamsoeddin Kembali Diperiksa Kejagung

Lukman Diah Sari    •    Jumat, 04 Dec 2015 15:24 WIB
pencatut nama presiden
Pekan Depan Maroef Sjamsoeddin Kembali Diperiksa Kejagung
Jaksa Agung M. Prasetyo----MI/Arya Manggala

Metrotvnews.com, Jakarta: Kasus pemufakatan jahat yang diduga dilakukan Ketua DPR Setya Novanto masih diselidiki Kejaksaan Agung. Kejagung sudah meminta keterangan Direktur PT Freeport Indonesia Maroef Sjamsoeddin. Kejagung berencana kembali mengundang Maroef pekan depan.

Jaksa Agung M. Prasetyo mengatakan, keterangan yang disampaikan Maroef belum selesai. Masih ada yang ingin digali penyidik dari adik kandung mantan Wamenhan Sjafrie Sjamsoeddin ini.

"Dijadwalkan minggu depan, minggu depan akan dilanjutkan," kata Prasetyo di Masjid Baitul Adli, Kejaksaan Agung, Jalan Sultan Hasanuddin, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (4/12/2015).

Prasetyo belum bisa memastikan hari apa Maroef bakal dimintai keterangan lagi. Alasannya, jaksa penyidik masih memeriksa data, dokumen, dan rekaman asli yang diserahkan Maroef.


Maroef di Kejagung (MTVN.M Rodhi Aulia)

Maroef mendatangi Gedung Kejaksaan Agung, Jumat (4/12/2015) pukul 00.34 WIB. Dua jam kemudian Maroef meninggalkan Gedung Bundar. Selama menjalani pemeriksaan, Maroef ditanyai 24 pertanyaan dari penyidik Jampidsus. Seluruh pertanyaan terkait rekaman pembicaraan dirinya dengan Ketua DPR Setya Novanto dan pengusaha Muhammad Riza Chalid.

Saat ini Kejaksaan Agung sedang mengusut dugaan tindak pidana dalam pembicaraan Setya Novanto, pengusaha Riza Chalid, dan Direktur Utama PT Freeport Indonesia Maroef Sjamsoeddin. Dalam rekaman sadapan yang dilakukan Maroef, Novanto dan Riza berusaha menyakinkan Wakil Kepala Badan Intelijen Negara itu soal perpanjangan kontrak karya PT Freeport Indonesia.

Novanto diduga menggunakan jabatan presiden dan wakil presiden buat memengaruhi Maroef agar dia memberikan saham 20 persen dan memberikan keleluasaan soal bisnis PLTA di Urumuka. Maroef merasa Novanto menjadi calo buat perpanjangan kontrak.

 


(TII)

Miryam Akui Mengarang Isi BAP Perkara KTP-el

Miryam Akui Mengarang Isi BAP Perkara KTP-el

9 hours Ago

Politikus Hanura Miryam S Haryani mengaku mencabut seluruh isi Berita Acara Pemeriksaan (BAP) d…

BERITA LAINNYA