Pajak di Kendal Belum Tergarap Optimal

Iswahyudi    •    Jumat, 04 Dec 2015 17:35 WIB
pajak
Pajak di Kendal Belum Tergarap Optimal
Kepala KPP Pratama Batang, Haryo Abduh saat sosialisasi pajak bersama calon kepala daerah di Kendal, Jumat (4/12/2015). (Metrotvnews.com/Iswahyudi)

Metrotvnews.com, Kendal: Potensi pajak yang dimiliki Kabupaten Kendal, Jawa Tengah cukup besar. Sayangnya, penghasilan pemerintah dari pajak belum tergarap optimal.

Pasalnya, banyak pelaku industri di wilayah adiministratif Kendal justru membayarkan pajaknya ke Kota Semarang. Selain itu, tak sedikit pula warga Kendal yang belum terdaftar sebagai wajib pajak.

Hal itu disampaikan Kepala KPP Pratama Batang, Haryo Abduh di sela-sela sosialisasi pajak bersama calon kepala daerah di Kendal, Jumat 4 Desember.

Haryo mengatakan, APBD Kendal sebesar Rp 1,5 triliun masih sangat kecil jika digunakan untuk membangun kabupaten. ''Sementara PAD yang dihasilkan dari berbagai sektor sekitar Rp171 miliar atau kurang dari 30 persen,'' kata dia.

Dia mengatakan, beberapa lokasi usaha berdiri di Kendal, tetapi tidak membayar pajak di KPP Pratama Batang, melainkan di Kota Semarang. Dengan begitu, Kota Semarang merasakan manisnya, sedangkan Kendal harus merasakan pahitnya.

''Saya berharap siapa pun paslon yang terpilih memimpin Kabupaten Kendal, bisa menjalin kerja sama dengan KPP Pratama Batang agar bisa meningkatkan pendapatan daerah dari sektor pajak. Kami ingin mereka bisa berkomitmen demi kesejahteraan masyarakat,'' tambahnya. 

Sebenarnya sosialisasi mengundang kedua pasangan calon. Namun, pasangan Widya-Hilmi berhalangan hadir. Sementara pasangan Mirna-Masykur, hanya dihadiri Masrur.


(SAN)

Miryam Akui Mengarang Isi BAP Perkara KTP-el

Miryam Akui Mengarang Isi BAP Perkara KTP-el

15 hours Ago

Politikus Hanura Miryam S Haryani mengaku mencabut seluruh isi Berita Acara Pemeriksaan (BAP) d…

BERITA LAINNYA