Jerman Turut Kirim Bantuan Militer Perangi ISIS

Fajar Nugraha    •    Jumat, 04 Dec 2015 19:35 WIB
isis
Jerman Turut Kirim Bantuan Militer Perangi ISIS
Jet tempur Tornado milik Jerman (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Berlin: Parlemen Jerman secara penuh mengirim bantuan militer ke Suriah, untuk melawan kelompok militan Islamic State (ISIS).

445 anggota parlemen Jerman mendukung kebijakan tersebut, sementara 146 lainnya menolak. Sedangkan tujuh anggota parlemen lainnya memutuskan untuk abstain.

Keputusan ini merupakan di luar dari kebiasaan Jerman. Setelah 70 tahun Perang Dunia II usai, Jerman masih membatasi untuk menggunakan kekuatan militer mereka di luar aliansi NATO. Misi semacam ini diperlukan izin dari parlemen.

Dalam kasus ini, pihak oposisi menyerang pemerintah yang bertindak dengan kecepatan tidak biasa. Mereka menilai Kanselir Jerman Angela Merkel hanya bergantung pada tindakan militer untuk melawan ISIS.

"Perang adalah aksi teror yang memberikan peluang untuk teror lainnya," ujar Pemimpin Partai Kiri, Sahra Wagenknecht, seperti dikutip The New York Times, Jumat (4/12/2015).

Sementara pihak pemerintah menilai tindakan ini sangat penting, karena kondisi di Timur Tengah dianggap makin menimbulkan pengaruh di dalam negeri. Jerman saat ini menampung ratusan ribu pengungsi dari Suriah, yang memicu peringatan teroris dan mengancam misi Jerman di luar negeri.

Kepastian keikutsertaan Jerman ini datang delapan hari setelah pemerintah menyanggupi sekutu terdekat mereka di Eropa yakni, Prancis. Sebelumnya, Prancis meminta bantuan untuk melawan ISIS di Suriah, setelah terjadinya serangan di Paris yang menewaskan 130 orang dan ISIS mengaku sebagai pelakunya.

Selain Jerman, Inggris turut bergabung dengan serangan udara AS melawan ISIS pada Kamis (3/12/2015). Jet tempur Tornado lepas landas dari pangkalan Royal Air Force di Akrotiri, Siprus sebelum pagi, untuk mendukung Perdana Menteri David Cameron memperpanjang serangan udara dari Irak ke Suriah.


(FJR)

Bacakan Pledoi, Andi Narogong Minta Maaf

Bacakan Pledoi, Andi Narogong Minta Maaf

13 minutes Ago

Jakarta: Terdakwa korupsi pengadaan KTP elektronik tahun anggaran 2011-2013 Andi Narogong memba…

BERITA LAINNYA