SIM Online

Pakar Safety Riding: SIM Online harus Didukung

Ekawan Raharja    •    Jumat, 04 Dec 2015 21:38 WIB
sim online
Pakar Safety Riding: SIM Online harus Didukung
Pembukaan layanan SIM Online tuai dukungan besar dari pelaku safety riding nasional. MI/Rommy Pujianto

Metrotvnews.com, Jakarta: Korps Lalu Lintas Polisi Republik Indonesia akhir pekan ini siap melakukan Grand Launching SIM Online 2015. Pelayanan pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) secara online.

Program terobosan dari Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang diserahkan kepada Korlantas Polri ini mendapatkan komentar positif dari pakar safety riding.

Asep Wawan, Instruktur Safety Riding PT Daya Adicipta Mustika, sangat mendukung program tersebut. Hal ini tentu saja dirasa sangat mempermudah masyarakat untuk mengurus perpanjangan SIM mereka. Apalagi sistem pembayarannya juga bisa dilakukan lewat BRI yang notabene menjangkau banyak wilayah-wilayah kota kecil.

"Sangat membantu untuk memperpanjang SIM," jelas pria yang akrab disapa Awe ini.

Menurutnya, untuk membuat SIM baru haruslah dilakukan secara langsung dan menggunakan ujian yang sesungguhnya. Sehingga edukasi terhadap lalu lintas dapat dipahami secara mendalam.

Selain itu, salah satu yang membuat Awe antusias terhadap program ini adalah dapat memberantas calo SIM. "Semuanya kan sudah bisa online, bisa diurus sendiri, jadi dapat mencegah calo SIM," tutup Awe.

Grand Launching Layanan SIM Online ini akan dipusatkan di Parkir Timur Senayan, Jakarta, Minggu 6 Desember. Acara serupa juga digelar serentak di 45 Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) di seluruh Indonesia.


(UDA)